Penerapan pendidikan karakter di TK Al Fadholi Malang / Lilin Ayu Handriani

Handriani, Lilin Ayu (2019) Penerapan pendidikan karakter di TK Al Fadholi Malang / Lilin Ayu Handriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Handriani, Lilin Ayu. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter di TK Al Fadholi Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. (II) Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas S.Pd Kata kunci: Penerapan Pendidikan Karakter Karakter merupakan nilai yang sangat penting untuk diterapkan sejak usia dini, dikarenakan karakter merupakan watak dan sifat yang melekat pada diri seseorang yang perlu dikembangkan agar individu dapat melakukan pembiasaan yang baik. Karakter dapat dikatakan sebagai pondasi yang mendasar pada diri manusia. Ketika seseorang memiliki karakter yang baik, maka perilaku individu tersebut akan baik.Pentingnya penerapan pendidikan karakter ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada anak dan menanamkan cara berperilaku yang baik sesuai dengan nilai, moral, budi pekerti, dan norma yang diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter yang di bangun dan di kembangkan di TK Al Fadholi Malang, penerapan pendidikan karakter di TK AL Fadholi Malang, dan keunggulan serta hambatan dalam menerapkan pendidikan karakter tersebut. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti melakukan metodelogi penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan sebagai sumber utama. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengesahan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian tentang penerapan pendidikan karakter yang telah dilakukan di TK AL Fadholi Malang, peneliti menemukan bahwa pendidikan karakter mengacu pada muatan lokal berdasarkan Ahlussunah waljama’ah dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Dalam pelaksanaan nilai religius, TK Al Fadholi lebih menspesifikan menjadi tujuh yaitu (1) cinta Allah dan rosulNya, cinta orangtua dan guru, cinta sesama teman, cinta keunggulan, cinta diri sendiri, cinta tanah air, dan cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan informan tentang penerapan pendidikan karakter, karakter diterapkan dengan mengintegrasikan nilai karakter dengan kegiatan belajar dan pembelajaran serta ekstrakulikuler. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, reward and punishment, pesan moral dan motivasi. Dalam pelaksanaan tersebut terdapat hambatan yang dijumpai yaitu kurangnya kerjasama yang dilakukan antara guru dengan orangtua, sehingga nilai karakter yang yang telah diterapkan oleh guru sering dilupakan oleh anak karena kurangnya pembiasaan dirumah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, TK Al Fdholi menerapkan beberapa cara yaitu menerapkan Buku Pantau Aktivitas Anak (BPA) yang diisi oleh guru dan orangtua dalam pembiasaan karakter anak, buku penghubung agar orangtua dapat mengetahui kegiatan anak di sekolah, bimbingan konseling untuk orangtua dalam menyelesaikan kendala tentang anak, kegiatan MOM’s and Kids untuk pengalaman ibu mengajar dikelas, dan Seminar Parenting untuk orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102366

Actions (login required)

View Item View Item