Penerapan permainan sirkuit "colour trick" untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok A di TK Kartika IV-79 Malang / Lusy Apriliya

Apriliya, Lusy (2019) Penerapan permainan sirkuit "colour trick" untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok A di TK Kartika IV-79 Malang / Lusy Apriliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Apriliya, Lusy. 2019. Penerapan Permainan Sirkuit Colour Trick Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di TK Kartika IV-79 Malang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Retno Tri Wulandari S.Pd, M.Pd, (II) Suryadi S.Sn, M.Pd. Kata Kunci: Permainan Sirkuit Colour Trick, Kemampuan Motorik Kasar, Usia 4-5 Tahun Kegiatan pembelajaran yang ada di TK Kartika IV-79 Malang mengutamakan pembelajaran untuk meningkatkan aspek perkembangan kognitif melalui pemberian lembar kerja anak, dan lebih mengembangkan aspek perkembangan motorik halus, sedangkan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar hanya melalui kegiatan senam pagi, bermain di dalam kelas, dan jalan santai di hari sabtu. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di TK Kartika IV-79 Malang terdapat 6 dari 9 anak belum berkembang pada unsur kekuatan dan keseimbangan, 5 dari 9 anak belum berkembang pada unsur kelincahan dan ketepatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan permainan sirkuit colour trick untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Kartika IV-79 Malang?, 2. Apakah terdapat peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Kartika IV-79 Malang?. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas model Arikunto, yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kartika IV-79 Malang yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan sirkuit colour trick dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hasil peningkatan dari kemampuan motorik kasar pada pratindakan ke siklus I untuk kriteria BSB pada unsur kekuatan, keseimbangan dan ketepatan sebesar 33,33%, dan pada unsur kelincahan sebesar 22,22%. Adapun hasil peningkatan dari tindakan siklus I ke siklus II untuk kriteria BSB pada unsur kekuatan dan ketepatan sebesar 44,44%, pada unsur kelincahan dan keseimbangan sebesar 55,55%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa permainan sirkuit colour trick dapat meningkatkan kemapuan motorik kasar anak dengan langkah-langkah dan peraturan yang telah ditentukan. Berdasarkan keberhasilan tersebut diharapkan guru dapat menerapkan permainan sirkuit colour trick untuk meningkatkan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102364

Actions (login required)

View Item View Item