Peningkatan kemampuan berbicara melalui permainan ular tangga misteri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 5 Malang / Tutut Noviana

Noviana, Tutut (2019) Peningkatan kemampuan berbicara melalui permainan ular tangga misteri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 5 Malang / Tutut Noviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Noviana, Tutut. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Ular Tangga Misteri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd., (II) Wuri Astuti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan berbicara, permainan Ular Tangga Misteri, anak usia 5- 6 tahun. Kemampuan berbicara penting dikembangkan karena mempengaruhi perkembangan lainnya. Stimulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara perlu disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Peningkatan kemampuan berbicara tersebut dapat dilakukan melalui permainan Ular Tangga Misteri. Melalui permainan Ular Tangga Misteri, kemampuan berbicara anak akan mengalami peningkatan karena di dalam permainan tersebut melibatkan anak secara langsung yang dapat menimbulkan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui permainan Ular Tangga Misteri. Hal tersebut ditinjau dari kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, dan menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 2 pertemuan pada setiap siklus. Model penelitian menggunakan penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis & MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Lembar observasi terdiri dari capaian perkembangan kemampuan berbicara anak, catatan lapangan, serta tindak pembelajaran guru. Dokumen yang digunakan berupa foto-foto kegiatan pembelajaran, RPPH, dan skenario pembelajaran. Penerapan permainan tersebut terdiri dari 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil observasi pratindakan diperoleh persentase sebesar 0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketercapaian kelas sebesar 61,54% dengan kategori belum tercapai. Pada siklus II diperoleh persentase ketercapaian kelas sebesar 100% dengan kategori sangat tercapai. Persentase peningkatan kemampuan berbicara dari pratindakan ke siklus I sebesar 61,54%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,46%. Permainan Ular Tangga Misteri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Negeri Pembina 5 Malang. Guru disarankan menggunakan gambar binatang yang mudah ditemukan disekitar anak, mengembangkan gambar agar sesuai tema, dan mengembangkan perkembangan lainnya. Peneliti lain disarankan menggunakan gambar binatang yang mudah ditemukan anak dan menggunakan lokasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102362

Actions (login required)

View Item View Item