Pengembangan media pop-up Hidden Chart untuk kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun / Triska Luthfi Apriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pop-up Hidden Chart untuk kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun / Triska Luthfi Apriliana

Apriliana, Triska Luthfi (2019) Pengembangan media pop-up Hidden Chart untuk kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun / Triska Luthfi Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Apriliana Triska Luthfi. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Hidden Chart Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Made Seken M.Pd (2) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pop-Up Hidden Chart Membaca Permulaan Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran bagi anak usia dini. Media pembelajaran yang dihasilkan ini berupa media Pop-Up Hidden Chart yang digunakan untuk pembentukan keaksaraan awal yaitu kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dari Dick and Carey yang dimodifikasi menjadi sembilan langkah dari sepuluh langkah-langkah penelitian karena pada dasarnya langkah yang diberikan tidak mutlak untuk diikuti dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif untuk mengetahui hasil persentase tingkat kevalidan media sedangkan data kualitatif yaitu berupa masukan-masukan yang didapat peneliti baik berupa kritik dan saran yang diperoleh dari tahap evaluasi dari para ahli. Intrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian dan pengembangan media Pop-Up Hidden Chart untuk kemampuan membaca permulaan bagi anak usia 5-6 tahun pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 87 25% dengan menggunakan subjek sebanyak 6 anak. Selanjutnya pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil 96.94% dengan menggunakan subjek 50 anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pengembangan media Pop-Up Hidden Chart dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran khususnya ruang lingkup keaksaraan yaitu membaca permulaan bagi anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102356

Actions (login required)

View Item View Item