Peningkatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan dakon pada anak kelompok B TKL Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Titis Uniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan dakon pada anak kelompok B TKL Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Titis Uniati

Uniati, Titis (2019) Peningkatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan dakon pada anak kelompok B TKL Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Titis Uniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Uniati Titis. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Penambahan dan Pengurangan Melalui Permainan Dakon Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pemahaman Konsep Penambahan Pengurangan Permainan Dakon Anak TK Anak usia dini adalah anak yang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan. Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah aspek perkembangan kognitif. Salah satu kapabilitas yang harus dicapai adalah anak dapat mengenal konsep berhitung sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan yang ditemukan selama observasi pada anak kelompok B di TK ABA 26 Malang menunjukkan bahwa terdapat 18 anak yang belum menguasai konsep penambahan dan pengurangan dengan baik. Faktor penyebabnya adalah kegiatan berhitung dengan menggunakan permainan jarang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan permainan dakon untuk meningkatkan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan pada anak kelompok B di TK ABA 26 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan dakon pada anak kelompok B di TK ABA 26 Malang. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada setiap siklus dilakukan dua kali kegiatan pembelajaran yang setiap siklusnya meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelompok B2 TK ABA 26 Malang sebanyak 30 anak. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi capaian belajar anak instrumen observasi tindak pembelajaran guru instrumen efisiensi strategi dalam mencapai tujuan catatan lapangan dan dokumentasi foto. Analisis data yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan dakon untuk meningkatkan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan anak diawali dengan menunjukkan permainan dakon. Pada siklus I pembelajaran menggunakan biji kecik sebanyak 3 buah di setiap lubangnya dan pada siklus II menggunakan biji kecik sebanyak 4 buah biji di setiap lubangnya. Hasil penelitian kegiatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan menggunakan permainan dakon menunjukkan bahwa siklus I mencapai 40% dengan kategori cukup. Hasil pada siklus II mencapai 86 5% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan dakon. Guru diharapkan dapat mengajarkan permainan dakon kepada anak dengan jumlah biji kecik yang lebih banyak dan membuat variasi dalam pembelajaran agar anak tidak jenuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102355

Actions (login required)

View Item View Item