Peningkatan kemampuan motorik halus dengan teknik kepang menggunakan bahan eceng gondok melalui kegiatan menganyam pada kelompok B TK Mekarsari Lamongan / Dian Ayu Hidayani

Hidayani, Dian Ayu (2019) Peningkatan kemampuan motorik halus dengan teknik kepang menggunakan bahan eceng gondok melalui kegiatan menganyam pada kelompok B TK Mekarsari Lamongan / Dian Ayu Hidayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hidayani, Dian Ayu. 2019. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dengan Teknik Kepang Menggunakan Bahan Eceng Gondok Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B Tk Mekarsari Lamongan , Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. I Made Seken, M.Pd, (2) Ibu Nur Anisa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Teknik Kepang;Eceng Gondok; Menganyam;Motorik Halus Perkembangan fisik motorik merupakan tingkah laku motorik yang memperlihatkan interaksi dari kematangan individu yang terjadi secara terus menerus sepanjang kehidupan manusia. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di salah satu sekolah di dapatkan hasil yaitu kegiatan motorik halus anak lebih sering distimulasi menggunakan kegiatan menggambar dan menganyam menggunakan kertas, oleh karena itu makan peneliti ingin meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan teknik kepang menggunakan bahan eceng gondok melalui teknik kegiatan menganyam yang dimana terdapat kegiatan yang dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mekarsari lamongan. Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mekarsari Lamongan yaitu dengan kegiatan menganyam menggunakan eceng gondok dengan teknik kepang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Bagan alur penelitian tindakan kelas ini memakai bagan alus penelitian tindakan kelas dari Kemmis & MC Taggart. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil persentase yang didapatkan sedangkan data kualitatif yaitu berupa penjabaran kegiatan menganyam anak ketika di dalam kelas. Teknik data yang akan dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas guru dan peningkatan motorik halus ank, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penilitian menganyam menggunakan eceng gondok dengan teknik kepang ini hasil yang dimulai dari kegiatan pratindakan dengan skor 56 dengan12% persentase sedangkan siklus I pertemuan ke 1 dan 2 memperoleh skor 49,6 dengan persentase 18% dan siklus II pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 86,16 dengan persentase 84%. Berdasarkan hasil tersebut peningkatan motorik halus anak kelompok B TK Mekarsari Lamongan dengan ketercapaian berkembang sangat baik. Peningkatan motorik halus dengan teknik kepang menggunakan bahan eceng gondok melalui kegiatan menganyam ini sebaiknya guru dan sekolah memberikan pembelajaran dan memfasilitasi media pembelajaran yang membuat anak kreatif dan menarik saat melakukan pembelajaran, namun untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan penelitian ini dengan subjek dan tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102348

Actions (login required)

View Item View Item