Penerapan permainan sirkuit fun shape untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang / Isfayatur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan sirkuit fun shape untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang / Isfayatur Rosidah

Rosidah, Isfayatur (2019) Penerapan permainan sirkuit fun shape untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang / Isfayatur Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosidah Isfayatur. 2019. Penerapan Permainan Sirkui Fun Shape Unttuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd. (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Permainan sirkuit Fun Shape Anak Usia 5-6 Tahun Pemahaman konsep bentuk geometri adalah bagian dari perkembangan kognitif yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya. Pemahaman konsep bentuk geometri juga sangat erat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak. Hasil pengamatan yang dilakukan pada 10 - 27 November 2018 di kelompok B TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang diperoleh fakta bahwa kemampuan memahami konsep bentuk geometri anak masih rendah. Dari 23 anak dalam satu kelas terdapat 13 anak yang belum mampu memahami konsep bentuk geometri dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan permainan sirkuit fun shape pada kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bentuk geometri pada anak kelompok B di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen pengumpulan data penelitian ini meliputi lembar observasi hasil ketercapaian anak catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan sirkuit fun shape dapat meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak kelompok B di TK Putra Pembangunan Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian pada pra tindakan sebesar 56 5% meningkat menjadi 60 9% pada siklus I. Kemampuan memahami konsep bentuk geometri anak meningkat secara signifikan pada siklus II mencapai 91 3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan sirkuit fun shape dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bentuk geometri pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102347

Actions (login required)

View Item View Item