Gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang / Ananda Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang / Ananda Dwi Lestari

Lestari, Ananda Dwi (2018) Gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang / Ananda Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ananda Dwi. 2017.Gaya Kepemimpinan Kepala Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Saksomo M.Si (II) Drs. Dwi Sugianto M.Pd. Kata Kunci gaya kepemimpinan bentuk motivasi dampak kepemimpinan kepemimpinan perpustakaan. Gaya kepemimpinan merupakan cara atau perilaku yang dipergunakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahannya (pengkiut). Gaya kepemimpinan di perpustakaan sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan organisasi. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup gaya kepemimpinan kepala perpustakaan bentuk motivasi yang diberikan kepala kepada pegawai dan dampak kepemimpinan kepala perpustakaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan pembahasan dalam bentuk verbal mengenai gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah menggunakan wawancara semi terstruktur dan participant observation (observasi berperan serta). Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan penelitian sebagai berikut. Pertama mengenai gaya kepemimpinan kepala perpustakaan. Gaya kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang ialah gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinan ini dilihat dari cara kepala perpustakaan dalam memecahkan masalah dalam mengambil keputusan dan sikap kepala perpustakaan dalam menerima masukan dari pegawai. Kedua bentuk motivasi yang diberikan kepala perpustakaan kepada pegawai Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang ialah insentif non material. Bentuk motivasi ini berupa perhatian pujian piagam penghargaan dan promosi. Ketiga dampak kepemimpinan kepala perpustakaan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang ialah terlihat dari perbaikan sarana dan prasarana peningkatan layanan mandiri untuk pemustaka kemudahan birokrasi pendapatan penghargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item