Konservasi koleksi lukisan pada kelompok kerja pelestarian bahan pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar - Jawa Timur / Fiendhy Prastika

Prastika, Fiendhy (2018) Konservasi koleksi lukisan pada kelompok kerja pelestarian bahan pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar - Jawa Timur / Fiendhy Prastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BSTRAK Prastika, Fiendhy. 2017. Konservasi Koleksi Lukisan Kelompok Kerja Pelestarian Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar-Jawa Timur. Skripsi, Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ida Lestari, M.Si., (II) Taufiq Kurniawan, S.IP., M.IP. Kata Kunci: konservasi lukisan, pelestarian bahan pustaka, perpustakaan kepresidenan Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pelestarian bahan pustaka utamanya konservasi lukisan meliputi kebijakan konservasi lukisan, prosedur kegiatan konservasi lukisan, dan kendala-kendala yang dihadapi saat konservasi lukisan oleh kelompok kerja Pelestarian Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Konservasi lukisan adalah hal yang baru dilaksanakan di lingkup UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, namun karena lukisan adalah termasuk salah satu bahan pustaka golongan grafis maka keberadaannya harus tetap diperhatikan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini relatif sedikit menggunakan teori dan hipotesis serta dilakukan pada satu variabel. Data penelitian ini adalah data verbal yaitu kata, kalimat, dan gambar. Data yang digunakan adalah deskripsi tentang latar belakang, informasi tentang prosedur kegiatan, dan informasi mengenai kendala-kendala yang dihadapi saat konservasi lukisan pada kelompok kerja pelestarian bahan pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Sumber data dari penelitian ini ada tiga yaitu person, place, paper. Person atau orang, yaitu kepala bidang Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka dan konservator kelompok kerja Pelestarian Bahan Pustaka. Place atau tempat, yang dalam penelitian ini adalah UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Paper atau kertas yaitu dokumen-dokumen perpustakaan seperti dokumen notulen saat pelatihan, data buku induk, katalog koleksi lukisan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, latar belakang kegiatan konservasi lukisan sebagai salah satu usaha pelestarian bahan pustaka utamanya koleksi lukisan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Kedua, tidak ada pedoman tertulis secara resmi tentang kegiatan konservasi lukisan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, namun prosedur yang dilakukan kelompok kerja Pelestarian Bahan Pustaka adalah prosedur konservasi sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Observasi Koleksi di Museum dari Museum Nasional. Ketiga, kendala yang dihadapi pada proses konservasi lukisan adalah keterbatasan kemampuan konservator dalam menangani lukisan kategori kerusakan berat dan keterbatasan pengadaan bahan seperti polyamide textile adhesive welding powder 5065 yang tidak diperjualbelikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item