Media aplikasi layanan sirkulasi berbasis android di Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Aulia Dwi Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Media aplikasi layanan sirkulasi berbasis android di Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Aulia Dwi Fitriani

Fitriani, Aulia Dwi (2016) Media aplikasi layanan sirkulasi berbasis android di Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Aulia Dwi Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Aulia Dwi. 2016. Media Aplikasi Layanan Sirkulasi Berbasis Android di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (2) Moh. Safii S.Kom M.Hum. Kata Kunci aplikasi layanan sirkulasi android Pendidikan pemakai perpustakaan merupakan program yang diselenggarakan untuk memberikan bimbingan petunjuk maupun pendidikan kepada calon pemustaka atau pemustaka agar mereka dapat memanfaatkan jasa informasi serta sarana perpustakaan. Penerapan pendidikan pemakai di Universitas Negeri Malang yaitu pada kegiatan PKPT (Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi) kepada mahasiswa baru namun kenyataannya masih banyak yang belum mengerti pemanfaatan fasilitas dan layanan perpustakaan khususnya layanan sirkulasi. Perpustakaan dan perkembangan teknologi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan salah satu dampak perkembangan teknologi adalah adanya sistem aplikasi android yang masyarakat sudah banyak memanfaatkannya.Penerapan maupun penyampaian pendidikan pemakai perlu dibuat semenarik mungkin agar pemustaka memanfaatkan layanan dan fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan secara maksimal. Tujuan penelitian dan pengembangan ini (1) menghasilkan produk media pendidikan pemakai berbasis android pada bagian sirkulasi perpustakaan Universitas Negeri Malang dan (2) menghasilkan petunjuk operasional produk media pendidikan pemakai berbasis android pada bagian sirkulasi perpustakaan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian tidak mengadaptasi keseluruhan langkah penelitian dan pengembangan tersebut tidak melakukan produksi massal dikarenakan membutuhkan kebijakan terlebih dahulu oleh instansi yang terkait yaitu Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Tahap penelitian dan pengembangan ini ialah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) uji validasi (5) revisi hasil uji validasi (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan.Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang dan telah melakukan layanan mandiri yaitu peminjaman dan pengembalian koleksi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian media layanan sirkulasi berbasis androiddari ahli teknologi informasi bagian aplikasi memberikan skor sebesar 98.5% dengan kriteria baik sekali dan media layak digunakan untuk uji coba tanpa revisi sedangkan ahli praktisi (pustakawan) memberikan penilaian sangat baik dan media layak digunakan untuk uji coba dengan revisi skor sebesar 92.3%. Kemudian hasil kuantitatif yang diperoleh dari penyebaran angket kepada calon pengguna diperoleh hasil kriteria baik dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media layanan sirkulasi berbasis android sudah baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item