Presepsi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro terhadap sistem temu kembali informasi menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Erlinda Difa Anggraeni

Anggraeni, Erlinda Difa (2016) Presepsi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro terhadap sistem temu kembali informasi menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Erlinda Difa Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggaraeni, Erlinda Difa. Persepsi Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Terhadap Sistem Temu Kembali Informasi Menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) Di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd, (II) Taufiq Kurniawan, S.IP, M.IP kata kunci: Persepsi Mahasiwa, Upaya Pustakawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap sistem temu kembali informasi di perpustakaan Politeknik Negeri Malang, upaya yang dilakukan oleh perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam meningkatkan pemanfaatan sistem temu kembali informasi di perpustakaan Politeknik Negeri Malang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini sejumlah 1425 mahasiswa jurusan teknik elektro, sampel dalam penelitian ini sejumlah 280 mahasiswa jurusan teknik elektro. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal sebagai berikut: Pertama, persepsi mahasiswa jurusan teknik elektro terhadap sistem temu kembali informasi menggunakan SLiMS di perpustakaan POLINEMA Sejumlah 253 responden (90,4%) setuju dengan pencarian sederhana (Simple Search), sejumlah 257 responden (91,8%) setuju dengan pencarian khusus (Advanced search), sejumlah 248 responden (88,6%) setuju dengan kemudahan penggunaan sistem temu kembali informasi, sejumlah 251 responden (89,6%) kemudahan pencarian menggunakan booleom logic or atau and, sejumlah 249 responden (88,9%) setuju kemudahan pengaksesan, sejumlah 249 responden (88,9%) setuju dengan kelengkapan informasi status koleksi, sejumlah 251 responden (89,6%) setuju dengan kelengkapan informasi jenis koleksi, sejumlah 254 responden (90,7%) menjawab setuju dengan pencarian menggunakan nama penulis, sejumlah 252 responden (90%) setuju dengan pencarian menggunakan subjek koleksi, sejumlah 230 responden (82,1%) menjawab setuju dengan tampilan koleksi AV (audio vidio). Kedua, Upaya pustakawan dalam meningkatkan pemanfaatan sistem temu kembali informasi dilakukan melalui kegiatan sosialisasi, promosi, pengadaan koleksi, dan pemberian fasilitas (sarana-prasarana). Saran dalam penelitian ini adalah: Pertama, Perpustakaan Politeknik Negeri Malang disarankan untuk menambah jumlah komputer OPAC yang bermanfaat dalam proses temu kembali informasi agar pemustaka tidak terlalu lama dan antri dalam pencarian koleksi. Kedua, Sebaiknya dalam meningkatkan pemanfaatan sistem temu kembali informasi kegiatan sosialisasi tidak dilakukan pada saat pengenalan mahasiswa baru saja tetapi bisa dilakukan secara periodik atau secara teratur sesuai ketentuan yang ditentukan. Sosialisasi bisa juga berupa penyediaan benner, brosur, poster dan informasi yang jelas melalui website perpustakaan POLINEMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item