Pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis web di Perpustakaan SDN Watukosek Kabupaten Pasuruan / Bachrul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis web di Perpustakaan SDN Watukosek Kabupaten Pasuruan / Bachrul Ilmi

Ilmi, Bachrul (2016) Pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis web di Perpustakaan SDN Watukosek Kabupaten Pasuruan / Bachrul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmi Bachrul. 2016. Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Perpustakaan SDN Watukosek Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. (2) Moh.Safii S.Kom. M.Hum. Kata Kunci sistem informasi perpustakaan web perpustakaan sekolah pusat sumber belajar. Perpustakaan sekolah memiliki peran sebagai pusat sumber belajar yang menyediakan bahan penunjang pembelajaran yang relevan. Namun dalam pelaksanaannya perpustakaan sekolah masih kurang diminati untuk kegiatan pembelajaran. Supaya dapat mewujudkan peran tersebut maka perlu adanya kolaborasi yang baik antara pustakawan dan guru. Guru sebagai pengajar perlu mengevaluasi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar dikelas kemudian menginformasikannya pada pustakawan. Melalui kerjasama yang demikian pustakawan dapat mengidentifikasi kekurangan perpustakaan sehingga muncul inovasi sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Salah satu inovasi tersebut adalah mengembangkan suatu sistem informasi pada perpustakaan yang dapat menyediakan materi beserta pendukungnya berupa video dan dokumen dari guru kemudian diolah pustakawan dan dilayankan ke siswa sehingga dapat meningkatkan ketertarikan siswa ke perpustakaan untuk belajar serta mempercepat pemahaman terhadap materi secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi perpustakaan berbasis web dan menghasilkan panduan operasional sistem informasi perpustakaan berbasis web. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Analysis Design Development Implement Evaluation (ADDIE) yang dikembangkan oleh Branch (2009). Tahap penelitian ini yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Produk sistem informasi perpustakaan berbasis web yang telah jadi kemudian divalidasi oleh ahli teknologi informasi bidang web praktisi (guru) dan praktisi (pustakawan). Produk yang telah divalidasi selanjutnya di uji cobakan pada siswa kelas 5 SDN Watukosek yang berjumlah 36 anak. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli teknologi informasi bidang web memberikan kriteria Sangat Valid praktisi (guru dan pustakawan) memberikan kriteria Sangat Valid dan hasil uji coba lapangan terhadap siswa memberikan kriteria Sangat Baik . Selain memberikan penilaian validator juga memberikan saran perbaikan produk. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dikembangkan setelah direvisi menunjukkan kriteria Sangat Valid sehingga sistem informasi perpustakaan berbasis web layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item