Yulian, Rizal (2019) Perbedaan Model Flipped Classroom dan Model Discovery Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Sistem Komputer Pada SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
YulianRizal2019.PerbedaanKemandiriandanHasilBelajarSistemKomputerKarenaPengaruhModelFlippedClassroomBerbantuanGoogleClassroomDibandingkandenganModelDiscoveryLearningBerbantuanGoogleClassroomPadaSiswaXTKJDiSMKN1Udanawu.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.(II)Drs.HariPutrantoM.Pd.KataKunciKemandirianBelajarHasilBelajarFlippedClassroomDiscoveryLearningGoogleClassroomSistemKomputer.Permasalahanyangterjadipadaduniapendidikansaatinisalahsatunyaadalahpelaksanaanpembelajaran.Modelpembelajaranyangdigunakanolehbeberapagurumasihsangatkonvensionalsehinggamengurangitingkatkemandiriandanhasilbelajarpadasiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaankemandirianpengetahuanhasilbelajarsistemkomputersertasikapdanketrampilanhasilbelajarsistemkomputerkarenapengaruhmodelFlippedClassroomdibandingkandenganmodelDiscoveryLearningberbantuanGoogleClassroompadakelasXTKJSMN1Udanawu.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimendengandesainpretest-posttestcontrolgroup.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasberupamodelpembelajaranFlippedClassroomberbantuanGoogleClassroomditerapkanpadakelaseksperimendanmodelpembelajaranDiscoveryLearningberbantuanGoogleClassroomditerapkanpadakelaskontrol.Variabelterikatyangdigunakanadalahkemandirianbelajarsistemkomputerdanhasilbelajarsistemkomputer.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXTKJdiSMKN1UdanawudansubyekdalampenelitianiniadalahkelasXTKJ4sebagaikelaseksperimendankelasXTKJ2sebagaikelaskontrol.Rata-ratakemandirianbelajarsistemkomputersetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar3286dankelasXTKJ2sebesar3027.Rata-ratapengetahuanhasilbelajarsistemkomputersetelahdiberiperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar8167dankelasXTKJ2sebesar7625.SertasikapdanketrampilanhasilbelajarsetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar8742dankelasXTKJ2sebesar8184.HasilUji-tmenunjukkanbahwakemandirianbelajarsistemkomputerdenganlembarobservasimemperolehnilai0034pengetahuanhasilbelajarsistemkomputermemperolehnilaisebesar0036sertasikapdanketrampilanhasilbelajarsistemkomputermemperolehnilaisebesar0000.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanrata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihungguldibandingkandengankelaskontroldalamkemandiriandanhasilbelajarsertaberdasarkanUji-tyangdiperolehterdapatsignifikansiperbedaankemandiriandanhasilbelajarsistemkomputerantarakelaseksperimendankelaskontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 06:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 06:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1020 |
Actions (login required)
View Item |