Perbedaan Model Flipped Classroom dan Model Discovery Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Sistem Komputer Pada SMK - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan Model Flipped Classroom dan Model Discovery Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Sistem Komputer Pada SMK

Yulian, Rizal (2019) Perbedaan Model Flipped Classroom dan Model Discovery Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Sistem Komputer Pada SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

YulianRizal2019.PerbedaanKemandiriandanHasilBelajarSistemKomputerKarenaPengaruhModelFlippedClassroomBerbantuanGoogleClassroomDibandingkandenganModelDiscoveryLearningBerbantuanGoogleClassroomPadaSiswaXTKJDiSMKN1Udanawu.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.(II)Drs.HariPutrantoM.Pd.KataKunciKemandirianBelajarHasilBelajarFlippedClassroomDiscoveryLearningGoogleClassroomSistemKomputer.Permasalahanyangterjadipadaduniapendidikansaatinisalahsatunyaadalahpelaksanaanpembelajaran.Modelpembelajaranyangdigunakanolehbeberapagurumasihsangatkonvensionalsehinggamengurangitingkatkemandiriandanhasilbelajarpadasiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaankemandirianpengetahuanhasilbelajarsistemkomputersertasikapdanketrampilanhasilbelajarsistemkomputerkarenapengaruhmodelFlippedClassroomdibandingkandenganmodelDiscoveryLearningberbantuanGoogleClassroompadakelasXTKJSMN1Udanawu.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimendengandesainpretest-posttestcontrolgroup.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasberupamodelpembelajaranFlippedClassroomberbantuanGoogleClassroomditerapkanpadakelaseksperimendanmodelpembelajaranDiscoveryLearningberbantuanGoogleClassroomditerapkanpadakelaskontrol.Variabelterikatyangdigunakanadalahkemandirianbelajarsistemkomputerdanhasilbelajarsistemkomputer.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXTKJdiSMKN1UdanawudansubyekdalampenelitianiniadalahkelasXTKJ4sebagaikelaseksperimendankelasXTKJ2sebagaikelaskontrol.Rata-ratakemandirianbelajarsistemkomputersetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar3286dankelasXTKJ2sebesar3027.Rata-ratapengetahuanhasilbelajarsistemkomputersetelahdiberiperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar8167dankelasXTKJ2sebesar7625.SertasikapdanketrampilanhasilbelajarsetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXTKJ4sebesar8742dankelasXTKJ2sebesar8184.HasilUji-tmenunjukkanbahwakemandirianbelajarsistemkomputerdenganlembarobservasimemperolehnilai0034pengetahuanhasilbelajarsistemkomputermemperolehnilaisebesar0036sertasikapdanketrampilanhasilbelajarsistemkomputermemperolehnilaisebesar0000.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanrata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihungguldibandingkandengankelaskontroldalamkemandiriandanhasilbelajarsertaberdasarkanUji-tyangdiperolehterdapatsignifikansiperbedaankemandiriandanhasilbelajarsistemkomputerantarakelaseksperimendankelaskontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:09
Last Modified: 07 Dec 2020 06:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item