Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya kelas IV semester II do SDN Percobaan 2 Malang / Muzakki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya kelas IV semester II do SDN Percobaan 2 Malang / Muzakki

Muzakki (2010) Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya kelas IV semester II do SDN Percobaan 2 Malang / Muzakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muzakki 2010. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Gaya Kelas IV Semester II di SDN Percobaan 2 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M. Pd . M. Kes . (II) Drs. Abdul Manan M. Pd. Kata kunci pengembangan animasi pembelajaran interaktif. Mata pelajaran ilmu pengetahuan alam merupakan salah satu materi yang diajarkan pada siswa sekolah dasar. Dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam terdapat konsep-konsep yang abstrak. Karakteristik siswa sekolah dasar masuk dalam tahap operasional konkret. Menurut Edgar Dale bahwa simbol dan gagasan yang abstrak lebih mudah dipahami dan diserap oleh siswa manakala diberikan dalam bentuk pengalaman yang konkret. Oleh karena itu dalam pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengkonkretkan materi yang abstrak. Salah satu media tersebut adalah media animasi pembelajaran interaktif. Tujuan dari pengembangan media animasi pembelajaran interaktif ini adalah menghasilkan sebuah media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya kelas IV semester II. Serta mengetahui hasil validasi dari media animasi pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Untuk mengetahui hasil validasi dari media tersebut dilakukan dengan cara memberikan angket kepada para responden yang meliputi tiga orang ahli media di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang seorang ahli materi guru matapelajaran ilmu pengetahuan alam di SDN Percobaan 2 Malang dan tiga puluh siswa kelas IV di SDN Percobaan 2 Malang. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media animasi pembelajaran interaktif ini adalah model pengembangan dari Sadiman tahun 2008 yang meliputi identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan butir-butir materi perumusan alat pengukur keberhasilan penulisan naskah media produksi tes/uji coba revisi jika diperlukan dan media siap dimanfaatkan. Hasil pengembangan media animasi pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan diperoleh data dari masing-masing responden ahli media tingkat validitas sebesar 90 56% ahli materi sebesar 91 11% dan siswa perorangan sebesar 95 56% siswa kelompok kecil sebesar 94 44% serta siswa kelompok besar sebesar 91 17%. Berdasarkan analisis data hasil validasi disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya valid atau layak. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media animasi pembelajaran interaktif adalah perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat keefektifan dari media animasi pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan bagi proses pembelajaran khususnya matapelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item