Perilaku pencarian informasi oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Pindyana Adiatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku pencarian informasi oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Pindyana Adiatama

Adiatama, Pindyana (2016) Perilaku pencarian informasi oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Pindyana Adiatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiatama Pindyana. 2015. Perilaku Pencarian Informasi oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd (II) Drs. Darmono M.Si Kata kunci perilaku pencarian informasi mahasiswa Pencarian informasi ada karena adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan informasi. Dalam hubungannya dengan kegiatan pencarian informasi mahasiswa perilaku pencarian informasi adalah perbuatan yang bersifat rasional dan memenuhi spesifikasi tertentu dalam pencarian tertentu misalnya dalam menunjang studi (menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen dan juga mengerjakan skripsi) dan dalam pencarian informasi mahasiswa pun pasti mengalami hambatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku pencarian informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan mendeskripsikan hambatan mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang dalam melakukan pencarian informasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa paparan perilaku dan hambatan dalam pencarian informasi yang diperoleh dari rekaman wawancara mahasiswa ilmu perpustakaan UM. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dilakukan dengan koleksi data kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tentang perilaku pencarian informasi diperoleh tiga kesimpulan Pertama dari inisiatif pencarian informasi mahasiswa mayoritas melakukan pencarian informasi atas dorongan dari orang lain mereka melakukan pencarian informasi karena tugas yang diberikan dosen. Kedua dari strategi pencarian informasi memiliki 3 langkah yaitu sebelum melakukan pencarian informasi mahasiswa mencari pokok-pokok permasalahan atau subyek yang dibutuhkan lalu mencatatnya ketika melakukan pencarian informasi mayoritas mahasiswa datang ke perpustakaan untuk membaca dan mencari referensi juga menggunakan internet atau OPAC untuk mengakses e- journal setelah melakukan pencarian informasi memilah-milah dan menyeleksi informasi yang diperoleh. Ketiga bentuk informasi yang diperoleh dan kemutakhiran informasi. bentuk informasi yang sering digunakan mahasiswa ilmu perpustakaan adalah buku teks dan jurnal baik yang tercetak dan tidak tercetak (e-journal) mereka mencari buku yang tingkat kemutakhirannya atau keterbaruan buku 5-10 tahun terakhir. Hambatan pencarian informasi yang dialami mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu Pertama hambatan internal karena pengusaan bahasa asing yang kurang. Kedua hambatan eksternal seperti pustakawan yang kurang tanggap fasilitas mengakses informasi yang kurang dan keterbatasan koleksi yang ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item