Wijayanti, Ni Komang Shanti (2019) Penerapan Model Problem Based Learning dibandingkan dengan Penerapan Model Probing Prompting Pengaruhnya Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Sistem Komputer pada Siswa Kelas X SMK di SMK Negeri 2 Probolinggo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASANAnnisaF.R2021.PengembanganAplikasiBelajarMandiriBerbasisAndroidUntukMeningkatkanSelfRegulatedLearningPadaMataPelajaranTeknologiPerkantoran(StudiPadaPesertaDidikKelasXOTKPSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiProdiPendidikanAdministrasiperkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomidanBisnisUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.PdM.MKataKunciPenelitiandanPengembanganMediaPembelajaranMobileLearningSelfRegulatedLearningRevolusiIndustri4.0memilikidampaktidakhanyapadaaspekekonomimelainkanjugapadaaspekpendidikanterlebihpadapendidikankejuruan.PendidikankejuruanmampumencetaklulusanyangsiapmenghadapiRevolusiIndustri4.0.haltersebutdimaksudkanagarmerekamampubersaingdiduniakerjasetelahmerekalulus.Berdasarkandenganhaltersebutmakaperludikembangkanmediapembelajaranyangsesuaidengankebutuhansaatini.penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalangmelaluiahlimediadanahlimateri(3)MengetahuiperbedaanantarakelasyangmenggunakanaplikasidengankelasyangtidakmenggunakanaplikasipadapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(RampD)yangterdiridari8langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisiproduk(6)Ujicobaproduk(7)RevisiProduk(8)UjiCobaPemakaian.ProdukdiujicobakanpadapesertadidikkelasXOTKP1diSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Sebagaikelaseksperimen.Instrumenpengumpulandataberupahasilobservasiwawancaradankuisioner.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.TeknikanalisisyangdigunakanuntukmelihatperbedaantingkatSelf-RegulatedLearningyangkemudiandianalisismenggunakanteknikanalisisujiMann-Whitney.HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahAplikasiBelajarMandiri(AJARI)yangdibuatdengansoftwareiSpringSuite9danmengemasmateriKD3.6Menerapkanpengoperasianaplikasipengolahbahancetaksecaramenarikyangdapatdigunakanpadasmartphoneandroidsecaraofflinesehinggapesertadidikbisamengaksesaplikasikapanpundandimanapun.SelainituAplikasiBelajarMandiriinididesainsecaramenarikdengankombinasiwarnayangsesuaiagarpenggunatidakmudahbosansaatmengoperasikannya.Hasilvalidasiahlimateriahlimediadan6siswaujicobakelompokkeciladalahldquoSangatValidrdquosehinggadisimpulkanbahwaAJARIlayakdigunakandalampembelajaranTeknologiPerkantoranKelasXOTKP.Sedangkanhasilperbedaanself-regulatedlearningmenunjukkanself-regulatedlearningkelaseksperimenlebihbesardibandingkandengankelaskontrolsehinggadapatdisimpulkanbahwaself-regulatedlearningpesertadidikterdapatperbedaanantarakelasyangmenggunakanAJARIdanyangtidakmenggunakanAJARI.HaliniberdasarkanhasilujistatistikMann-WhitneyyangmenunjukkannilaiAsymp.Sig.(2-tailed)sebesar0000lt005sehinggadapatdisimpulkanbahwaH0ditolakdanHaditerima.SaranyangdapatdiberikankepadapenelitiselanjutnyaadalahmengembangkanmediapembelajaranpadasistemoperasilainnyasepertiiOSdanmenyajikanmaterimatapelajaranlainnyadengankecepatanloadingaplikasiyanglebihbaiksertaukuranfileyanglebihkecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 06:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 06:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1019 |
Actions (login required)
View Item |