Penerapan Model Problem Based Learning dibandingkan dengan Penerapan Model Probing Prompting Pengaruhnya Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Sistem Komputer pada Siswa Kelas X SMK di SMK Negeri 2 Probolinggo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model Problem Based Learning dibandingkan dengan Penerapan Model Probing Prompting Pengaruhnya Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Sistem Komputer pada Siswa Kelas X SMK di SMK Negeri 2 Probolinggo

Wijayanti, Ni Komang Shanti (2019) Penerapan Model Problem Based Learning dibandingkan dengan Penerapan Model Probing Prompting Pengaruhnya Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Sistem Komputer pada Siswa Kelas X SMK di SMK Negeri 2 Probolinggo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASANAnnisaF.R2021.PengembanganAplikasiBelajarMandiriBerbasisAndroidUntukMeningkatkanSelfRegulatedLearningPadaMataPelajaranTeknologiPerkantoran(StudiPadaPesertaDidikKelasXOTKPSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiProdiPendidikanAdministrasiperkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomidanBisnisUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.PdM.MKataKunciPenelitiandanPengembanganMediaPembelajaranMobileLearningSelfRegulatedLearningRevolusiIndustri4.0memilikidampaktidakhanyapadaaspekekonomimelainkanjugapadaaspekpendidikanterlebihpadapendidikankejuruan.PendidikankejuruanmampumencetaklulusanyangsiapmenghadapiRevolusiIndustri4.0.haltersebutdimaksudkanagarmerekamampubersaingdiduniakerjasetelahmerekalulus.Berdasarkandenganhaltersebutmakaperludikembangkanmediapembelajaranyangsesuaidengankebutuhansaatini.penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalangmelaluiahlimediadanahlimateri(3)MengetahuiperbedaanantarakelasyangmenggunakanaplikasidengankelasyangtidakmenggunakanaplikasipadapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(RampD)yangterdiridari8langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisiproduk(6)Ujicobaproduk(7)RevisiProduk(8)UjiCobaPemakaian.ProdukdiujicobakanpadapesertadidikkelasXOTKP1diSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Sebagaikelaseksperimen.Instrumenpengumpulandataberupahasilobservasiwawancaradankuisioner.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.TeknikanalisisyangdigunakanuntukmelihatperbedaantingkatSelf-RegulatedLearningyangkemudiandianalisismenggunakanteknikanalisisujiMann-Whitney.HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahAplikasiBelajarMandiri(AJARI)yangdibuatdengansoftwareiSpringSuite9danmengemasmateriKD3.6Menerapkanpengoperasianaplikasipengolahbahancetaksecaramenarikyangdapatdigunakanpadasmartphoneandroidsecaraofflinesehinggapesertadidikbisamengaksesaplikasikapanpundandimanapun.SelainituAplikasiBelajarMandiriinididesainsecaramenarikdengankombinasiwarnayangsesuaiagarpenggunatidakmudahbosansaatmengoperasikannya.Hasilvalidasiahlimateriahlimediadan6siswaujicobakelompokkeciladalahldquoSangatValidrdquosehinggadisimpulkanbahwaAJARIlayakdigunakandalampembelajaranTeknologiPerkantoranKelasXOTKP.Sedangkanhasilperbedaanself-regulatedlearningmenunjukkanself-regulatedlearningkelaseksperimenlebihbesardibandingkandengankelaskontrolsehinggadapatdisimpulkanbahwaself-regulatedlearningpesertadidikterdapatperbedaanantarakelasyangmenggunakanAJARIdanyangtidakmenggunakanAJARI.HaliniberdasarkanhasilujistatistikMann-WhitneyyangmenunjukkannilaiAsymp.Sig.(2-tailed)sebesar0000lt005sehinggadapatdisimpulkanbahwaH0ditolakdanHaditerima.SaranyangdapatdiberikankepadapenelitiselanjutnyaadalahmengembangkanmediapembelajaranpadasistemoperasilainnyasepertiiOSdanmenyajikanmaterimatapelajaranlainnyadengankecepatanloadingaplikasiyanglebihbaiksertaukuranfileyanglebihkecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:09
Last Modified: 07 Dec 2020 06:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item