Analisis paragraf argumentatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Ariva Luciandika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis paragraf argumentatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Ariva Luciandika

Ariva (2010) Analisis paragraf argumentatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Ariva Luciandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan berbahasa menulis paragraf argumentatif Penguasaan kemampuan berbahasa Indonesia sangat penting sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Kemampuan berbahasa ini harus dibina dan dikembangkan sejak dini. Salah satu wujud pembinaan kemampuan berbahasa adalah dengan menerapkan pengajaran bahasa di tingkat SD SMP SMA maupun perguruan tinggi. Dalam pengajaran bahasa Indonesia di SMA terdapat empat aspek kemampuan yang harus dikuasai siswa yaitu berbicara medengarkan membaca dan menulis. Dari keempat aspek tersebut kemampuan menulis bisa dikatakan sebagai kemampuan berbahasa yang paling kompleks. Menulis membuat siswa dapat mengkomunikasikan gagasan pikiran pendapat maupun perasaannya dengan baik sesuai kaidah yang benar. Berdasarkan hal tersebut salah satu kemampuan yang harus dicapai oleh siswa SMA adalah mampu menulis paragraf argumentasi. Hal ini sejalan dengan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas X yaitu mampu menulis gagasan untuk medukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif. Argumentasi memungkingkan siswa untuk mengemukakan gagasan pendapat maupun pikirannya dengan disertai bukti-bukti relevan yang mendukung argumennya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentatif. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik paragraf wujud argumen dan pola pengembangan paragraf argumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 95 orang dan berasal dari tiga kelas yang berbeda. Sumber data penelitian berupa hasil tulisan paragraf argumentatif siswa. Instrumen berupa tugas menulis paragraf argumentatif yang berbentuk Lembar Kerja Siswa. Keseluruhan hasil tulisan paragraf argumentatif tersebut kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Analisis data didasarkan pada aspek yang akan diteliti yaitu karakteristik paragraf wujud argumen dan pola pengembangan paragraf argumentasi. Hasil analisis karakteristik paragraf berdasarkan aspek kesatuan isi menunjukkan dari 95 hasil tulisan paragraf argumentatif yang dibuat oleh siswa ditemukan 73 (sekitar 77%) hasil memiliki kesatuan isi paragraf yang baik. Berdasarkan aspek koherensi paragraf ditemukan 68 (sekitar 29%) hasil memiliki koherensi yang baik. Berdasarkan aspek kelengkapan isi ditemukan 95 (100%) hasil memiliki kelengkapan isi paragraf yang baik. Berdasarkan aspek kebahasaan ditemukan 27 (sekitar 28%) hasil yang mengandung unsur kebahasaan yang baik. ii Hasil analisis wujud paragraf menunjukkan dari 95 hasil tulisan paragraf argumentatif yang dibuat oleh siswa ditemukan 18 (sekitar 19%) hasil paragraf yang menggunakan wujud genus 24 (sekitar 25%) menggunakan wujud sebab akibat 7 (sekitar 7%) menggunakan wujud keadaan 7 (sekitar 7%) menggunakan wujud persamaan 10 (sekitar 11%) menggunakan wujud perbandingan 9 (sekitar 10%) menggunakan wujud pertentangan 20 (sekitar 21%) menggunakan wujud autoritas. Hasil analisis pola paragraph menunjukkan 56 hasil paragraf yang menggunakan pola argumentasi deduktif (sekitar 59% dari jumlah keseluruhan) dan 39 hasil yang lain menggunakan pola induktif (41% dari jumlah keseluruhan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item