Hubungan antara intensitas menonton sinetron dengan perilaku pacaran remaja di SMA Shalahuddin Malang / Yeni Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara intensitas menonton sinetron dengan perilaku pacaran remaja di SMA Shalahuddin Malang / Yeni Sanjaya

Sanjaya, Yeni (2010) Hubungan antara intensitas menonton sinetron dengan perilaku pacaran remaja di SMA Shalahuddin Malang / Yeni Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Intensitas Menonton Sinetron Perilaku Pacaran. Tema dominan sinetron remaja adalah percintaan. Banyak muncul adegan-adegan yang mengekspresikan kedekatan dan intensitas hubungan pria dan wanita mulai dari ciuman pelukan hingga yang terlampau jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton sinetron dengan perilaku pacaran remaja dan merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian sebanyak 56 siswa diambil dengan teknik purposive sampling dari populasi siswa kelas X dan XI SMA Shalahuddin Malang. Data intensitas menonton sinetron dikumpulkan dengan skala intensitas menonton sinetron model likert dengan koefisien validitas butir berkisar antara 0 311-0 829 dan koefisien reliabilitas sebesar 0 932. Sedangkan untuk data perilaku pacaran dikumpulkan dengan skala perilaku pacaran menggunakan model likert dengan koefisien validitas butir berkisar antara 0 353-0 826 dan koefisien reliabilitas sebesar 0 948. Data hasil penelitian dianalisis dengan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy 0 230 dengan probabilitas error 0 087 0 05. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan antara intensitas menonton sinetron dengan perilaku pacaran remaja. Disarankan kepada (1) sekolah diharapkan menyampaikan bimbingan mengenai perilaku pacaran sehingga dapat mempersuasi para siswa agar tidak terjerumus dalam perilaku pacaran yang tidak sehat (2) orangtua yang memiliki anak remaja hendaknya mendampingi anaknya pada saat menonton dengan memberikan pemahaman tentang suatu tayangan sinetron yang sedang disaksikan memberikan perhatian yang cukup dan melakukan pengawasan yang efektif terhadap anak mereka yang berpacaran (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan meneliti variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi perilaku pacaran mengingat perilaku pacaran remaja tidak hanya berhubungan dengan intensitas menonton sinetron saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101747

Actions (login required)

View Item View Item