Hasanah, Melati Nur (2010) Hubungan antara profesionalitas mengajar guru dengan sikap guru terhadap ujian nasional pada SMK PGRI 3 Malang / Melati Nur Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Profesionalitas sikap terhadap UN. Evaluasi merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari rencana pendidikan. Evaluasi dalan bentuk Ujian Nasional (UN) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian secara nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah. Pro-Kontra terhadap UN menjadi isyu hangat di masyarakat. Pihak-pihak yang mendukung UN menyatakan bahwa diperlukan standar nasional untuk mengetahui sampai di mana tingkat pendidikan di Indonesia. Namun bagi yang kontra UN dianggap telah melanggar hak guru dan pihak sekolah untuk menilai siswanya. Sikap guru terhadap UN merupaka respon evaluative afektif berupa setuju atau tidak setuju terhadap UN. Sikap guru tersebut akan tercermin dalam profesionalitas mengajar di dalam kelas. Guru yang setuju terhadap UN akan memiliki sikap positif dalam mengajar. Sedangkan guru yang tidak setuju terhadap UN tentu akan bersikap sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran profesionalitas mengajar guru (2) gambaran sikap guru terhadap UN dan (3) hubungan antara profesionalitas mengajar guru dengan sikap guru terhadap Ujian Nasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah guru SMK PGRI 3 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 36 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket profesionalitas mengajar guru dan Skala Sikap Guru Terhadap Ujian Nasional. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1) sebanyak 100% guru di nilai memiliki profesionalitas mengajar tinggi (2) sebanyak 67% guru memiliki sikap setuju terhadap Ujian Nasional dan 33% guru memiliki sikap tidak setuju terhadap Ujian Nasional. Hasil uji hipotesis menunjukan (1) ada hubungan positif dan signifikan antara profesionalitas mengajar guru dengan sikap guru terhadap Ujian Nasional sebesar rxy 0 898 (p 0 000 0 05) (2) pada hasil uji regresi menunjukan nilai Fhitung sebesar 142 123 (p 0 000 0 05) dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalitas mengajar guru dengan sikap guru terhadap UN. Nilai adjusted R square sebesar 0 801 menunjukan bahwa profesionalitas mengajar guru memberi sumbangan sebesar 80% terhadap sikap guru terhadap UN. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru maupun bagi sekolah untuk lebih meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar sehingga keberhasilan peserta didik dapat tercapai secara maksimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |