Wardani, Devi Nurrisna (2010) Perbedaan kematangan emosi anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak / Devi Nurrisna Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kematangan emosi anak lagu lirik dewasa lagu lirik anak. Lagu dan musik memiliki manfaat sangat besar bagi perkembangan intelegensi anak-anak. Lagu bisa merangsang otak anak supaya lebih mudah dan cepat berkembang terutama dalam hal bahasa membentuk sensitivitas anak dan mempermudah anak menangkap ilmu pengetahuan dari setiap arti bait lirik lagu yang mereka dengar. Konsep yang ada dalam perkembangan adalah proses bagi seluruh organ tubuh untuk menjadi sempurna termasuk di sini salah satunya adalah kematangan emosi dalam hal ini berkaitan dengan lagu lirik dewasa dan lagu lirik anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengungkap tingkat kematangan emosi anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa (2) Untuk mengungkap tingkat kematangan emosi anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak (3) Untuk mengungkap ada atau tidaknya perbedaan kematangan emosi pada anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan antara kematangan emosi antara anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak. Penelitian ini berjenis analisis deskriptif dan komparatif. Instrument yang digunakan yaitu skala kematangan emosi anak dengan nilai koefisien validitas item sebesar 0 275-0 582 dan koefisien reliabilitas sebesar 0 701. Berdasarkan hasil analisis deskriptif anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak memiliki kematangan emosi yang cukup. Dari hasil analisis independent samples test menghasilkan nilai t -1 438 dengan nilai p 0 157 (p 0 05). Maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan kematangan emosi anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak. Dari penelitian disarankan bagi Orang tua untuk bekerjasama dengan para pendidik (Guru) hendaknya lebih memantau perkembangan emosi anak dengan menggunakan pengukuran self repot tentang kemasakan emosi anak.. Bagi Peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan penelitian mengenai pengaruh lagu terhadap kematangan emosi dengan mengembangkan skala yang lebih sesuai dengan fenomena indikator dan teori menambah variabel lainnya misalnya jenis kelamin atau dengan kategori pemilihan jenis lagu seberapa intensitas mendengarkan lagu dan koleksi-koleksi kaset VCD atau DVD yang dimiliki. Memperbanyak jumlah sampel yang akan diteliti sehingga hasil penelitian lebih mencerminkan keadaan yang ada. ii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |