Hubungan Antara Masalah Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMUN 1 Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 Oleh Indah Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Masalah Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMUN 1 Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 Oleh Indah Widayati

Widayati, Indah (2010) Hubungan Antara Masalah Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMUN 1 Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 Oleh Indah Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SiswaS MU adalahd i masar emajay ang dalam melaksanakantu gas perkembangannyati dak lepas dari masalah u tamanyam asalahb elajar. Masalah belajar bisa dari siswa sekolah dan keluarga. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan tingkat penyesuaian terhadap masalah belajar yang dialami. Adanya perbedaan hal tersebutjuga berhubungan dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara masalah belajar dan motivasi belajar maka dilakukanlah penelitian ini pada siswa kelas II SM jN I Tumpang. Penelitiani ni merupakanp enelitiand eskriptifk orerasionayl angb ertujuan untuk (l) mendeskripsikanti ngkat rnasalahb elajary angd ialami sis a (2) mendeskripsikanti ngkat motivasib elajars iswa ( 3) mendeskripsikanh ubungan antara masalah belajar dengan lnoti /asi belajar Populasi penelitian ini adalah siswa kelas ll SMUN l rumpang Tahun Ajaran 2000/2001b ejumlah2 60 orangs isua vang berdasarkann on randoins implins. Sampelp enelitianb erjumlah8 0 sisway angd iambild enganm enggunakatne inik proposional random sampling Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. lnstrunren yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) sedikit siswa (13 75%) yang mengalami masalah belajar dengan kategori ringan sekali (l I orang siswa) banyak sekalis iswa( 71 25%)y ang mengalamir nasalahb elajard engank ategorir ingan( 57 orang siswa) sedikit sekali siswa ( l0%) yang mengalami masalah belajar dengan kategori sedang (8 orang sisrva) sedikit sekali siswa (3 75%) yang mengalami masalah belajar dengan kategori berat (3 orang siswa) dan sedikitiekali srswa (1 25%)y ang mengalamin rasalahb erajard engank ategorib erat sekari( r orang siswa).(2)s edikit sekali siswa( .3 i5%)y ang rnengalammi otivasib elajard engan kategori rendah sekali (3 orang siswa) sedikit siswa ( l6 25zo) yang mengalami mgtrvasi belajar dengan kategori rendah (l3 orang siswa) banyak iekali sisrva (68 75%)y angm engalamir notivasib cla-iard engank ategoris edang( 55 orangs rswa) sedikit sekalis iswa( l0%) yang mengalamim otivasib elajard enga-ina tegori tinggi g orang siswa dan sedikit sekali siswa (l 25%) yang mengalami motivasi uilaiar -- dengan kategori tinggi sekali (l orang siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hribungany angn egatifsignifikana ntarar nasalahb eiajard enganm otivasib elajar pada sisrva kelas II SMUN I Turnpang yaitu dengan hasil korelasi 0.g24. Dari hasil penelitian ini maka a dab eberapas aran( l) Kepalas ekolahs ebagai penanggungjawaba task elancaranp enyelenggaraapnr ogramp endidikant ermasuk pelayanabni mbingank onselingd i sekolahy aitu denganm endukungp rogram bimbinganb elajaru ntuk sisway angm engalammi asalahb elajar. (2) Konselors ekolaht e rusa ktif dalamm enjalankantu gasnyat i dak hanyam enunggu siswanyad atangta pi hendaknyak onselorp roaktifdalamm encarjm asalahy ang sedangd ihadapis iswanyau ntuk membantum enyelesaikamn asalahnya. (3) Guruh endaknyam emberikank esempatakne padas isway angm empunyai kecakapatne rtentuy aitu denganm engikutil ombad i luar sekolahd ang urud apat meningkatkapne mahamannytae rhadaps isway angm empunyaki arakteristiky ang berbeday angm anai ndividu tersebuti dak lepasd ari masalahS. ehinggad alamh al ini gurud apatm emperlakukasni swas eearaa dil. (4) Orangt ua h endaknyaik ut memantaup erkembangabne lajara naknyaagar anaknyam ampum encapahi asil belajary ango ptimal.( 5) Sisway angm erasa mempunyami asalahh endaknyam endorongd iri sendiriu ntukd atangk e ruangB K dengans ukarelas ebelumm asalahnyma enjadib erat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101675

Actions (login required)

View Item View Item