Masalah-Masalah Perkembangan Sosial Anak Taman Kanak-Kanak Dan Cara Penanganannya Menurut Guru Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo oleh Ary Kusniyah Indharti - Repositori Universitas Negeri Malang

Masalah-Masalah Perkembangan Sosial Anak Taman Kanak-Kanak Dan Cara Penanganannya Menurut Guru Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo oleh Ary Kusniyah Indharti

Indharti, Ary Kusniyah (2010) Masalah-Masalah Perkembangan Sosial Anak Taman Kanak-Kanak Dan Cara Penanganannya Menurut Guru Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo oleh Ary Kusniyah Indharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masakanak-kanak awal rnerupakanr usia pra kelompok dimana anak-anak nrcnrpclajadria sar -claspacr rilaku sosials obagaip crsiapany ang clipcrlukiuur ntuk penyesuaian diri pada waktu n.rereka nrasuk SD. Pada masa kanak-kanak ada dorongan yang kuat untuk bergaul dengan orang lain dan ingin diterima oleh orang lain. Pengalaman sosial awal kanak-kanak sangat menentukan kepribadian setelah anak menjadi orang dewasa. Kematangan perkembangan sosial anak akan sangat terbantu jika anak mengikuti pendidikan pra sekolah. Namun bagi anak-anak tertentu perubahan lingkungan dari lingkungan keluarga ke lingkungan TK dapat berarti tekanan sehinggab isa menjadi masalah.P ermasalahanin i dapat diamati oleh guru pada saat mengikuti proses pembelajaran di sekolah atau pada saat berriiaiii. Jika masalah pada masa pra sekolah tidak diatasi dengan tepat maka kemungkinan hal itu akan menetap menjadi pola kebiasaan. Oleh karena itu penanganan yang tepat oleh guru terhadap masalah-masalah perkembangan sosial anak TK akan sangat membantu anak dalam melakukan penyesuaian sosial yang lebih baik. Berdasarkanu raian tersebut maka permasalahand alanr penelitian ini adalah (l) masalah-masalaha pa saja yang berkaitan dengan perkembangans osial anak TK menurut giuru se-Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo (2) bagaimana eara penangananm asalah-masalahp erkenrbangans osial anak TK menurut guru se- KecamatanP rambonK abupatenS idoarjo Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptiI survai. Populasi penelitian ini adalah antk TK dan guru l K se-Kecarnatan Prarnbon Kabupaten Sidoarjo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sumber data yang digunakan untuk mengamati perilaku anak TK dalam penelitian ini adalah sumber data tidak langsung dalam hal ini adalah guru TK dari TK yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang diisi oleh guru TK. Tekaik analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) hampir semua anak TK mengalami masalah-masalah perkembangan sosial dengan tingkat yang berbeda-bedad an hal itu merupakan hal yang wajar dalam pertumbuhand an perkembangana nak (2) sangats edikit (12 18%) guru TK yang melakukan langkahlangkah penanganan masalah dengan lengkap dan telinill yang paHng banl all i digunakanu ntuk urcnanganni rasalah-nrasalpachr kcntbangasno sial anak adalah sarand ann asehaty a itu sebanyak3 8 61yo. Berdasarkakne simpulanp enelitian m aka saran-sarayna ng diajukana dalah (l) agarg uru melakukanla ngkah-langkayha ng lengkapd an tepatd alamm enangani masalaph6 rkembanganso siala nak TK (2) agar KepalaK antor Dinas Pendidikan Nasionali l-ecamatanP rambonK abupatenS idoarjo mengadakanp rogram seminar ataup elatihant entangc ara-caram engidentifikasmi asalahb esertac ara penanganan masalah-masalpaehr kembangans osiala nakT K (3) hendaknyaJu rusanB KP lebih mensosialisasikatenn tangb imbingand i TK denganc ara mengadakanse minara tatl pelatihante ntangb imbingand i TK bekerjasamdae nganK antorP endidikanN asional di daerah-daeradha ntr (4) penelitil ain yangb erminat untuk melakukanp enelitian yang sama agar menggunakanm etode wawancaras elain metode angket untuk mengetahukie berhasilapne nanganarnn asalahy angd ilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101672

Actions (login required)

View Item View Item