Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa SMUAN Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 oleh Diah Fatminingtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa SMUAN Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 oleh Diah Fatminingtias

Fatminingtias, Diah (2010) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa SMUAN Tumpang Tahun Ajaran 2000/2001 oleh Diah Fatminingtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Status sosial ekonomi orang tua adalah salah satu faktor yang diduga mempengaruhpi restasib elajar siswa. Statuss osiale konomi orangt ua meliputi tiga unsury aitu pekerjaan p endidikand an pendapatanD. alam penelitiani ni hanya mengambil dua unsur yakni pendidikan dan pekerjaan orang tua dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab masalah pokok yang menjadi perhatian dalam peneliti an ini yaitu (l ) Adakah hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa (2) Adakah hubungan antara status pekerjaan orang tua dengan prestasi belajar siswa (3) Adakah hubungan antara tingkat pendidikan dan status pekerjaan orang tua (4) Adakah hubungan antara tingkat pendidikan dan status pekerja.ur orang tua dengan prestasi belajar siswa Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMUN I Tumpang tahun ajwan200012001S. ampely ang dipakai dalam penelitiani ni adalahs iswak elasI I SMUN I Tumpang yang besarnya 25% dari populasi. Pemilihan sampel penelitian ini adalahs ampelp urposif di mana sampeld itentukanb erdasarkantu juan dari peneliti. Instrumen yang digunakan berupa angket dan raport merupakan studi dokumentasinya. Teknik pengolahand ata yang digunakana dalaht eknik korelasip roduct momentd an analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) Terdapat hubungan yang signifikan antarat irigkat pendidikano rangt ua denganp restasib elajar siswa s ebesa0r 829 ( 2) Terdapat hubungan yang sigrifikan antara status pekerjaan orang tua dengan prestasi belajars iswa s ebesa0r 374 (3) Tidak terdapath ubungany ang sigrifikan antarat ingkat pendidikand an statusp ekerjaano rangt ua sebesa0r 200 (4) Terdapath ubungany ang signifikan antara tingkat pendidikan dan status pekerjaan orang tua dengan prestasi belajar siswa s ebesar9 1 440. Sumbangane fektif tingkat pendidikano rangt ua terhadap prestasib elajar sebesar5 8 33834% s edangkans umbangane fektif statusp ekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 14 84866yo. Berdasarkanh asil penelitiand apatd isimpulkan b ahwat ingkat pendidikand an status pekerjaan orang tua dengan prestasi belajar siswa memrnjukkan bahwa ketiga variable tersebut berhubungan erat karena memang antara tingkat pendidikan dan status pekerjaan orang tua berkorelasi positif dengan prestasi belajar. Saran-saranya ng dikemukakana dalahs ebagabi erikut (l) Bagrp eneliti selanjutnyab ila diadakanp enelitianl anjutan diharapkana kan melengkapip enelitian sebelumnyaya ng membahasfa ktor-faktor yang dlbahasd alam penelitiani ni (2) Bagi orang tua diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya seperti memberi perhatian belajar pada anak karena perhatian orang tua dapat membantu meningkatkanp restasib elajar siswa d an (3) Bagi konselord iharapkand apatm embantu permasalahayna ng dihadapi siswa t erutamas isway ang orangt uanyab erpendidikand an statusp ekerjaannyare ndah k onselorh arusa ktifbekerja samad engang uru bidang studi untuk memberikan pelajaran tambahan tanpa dipungut biaj a pada siswa yang status sosialnyare ndahd an prestasinyar endah.D an untuk sisway ang statuss osialnyat inggi konselor harus memberi bantuan pada mereka terutama yang berhubungan dengan kegiatan belajar atau informasi lain yang mereka butuhkan untuk mempertahankan dan meningkatkanp restasis iswat ersebut ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101671

Actions (login required)

View Item View Item