Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang / Mula Wahyu Erma Astarina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang / Mula Wahyu Erma Astarina

Astarina, Mula Wahyu Erma (2010) Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang / Mula Wahyu Erma Astarina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyu Erma Astarina Mula. 2009.Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Homoseksual. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dra. Sri Weni Utami M.Si (2). Nur Eva S Psi M.Psi Kata Kunci Kepercayaan Diri dan Perilaku Agresi Perilaku agresi pada homoseksual merupakan fenomena yang seringkali terjadi di masa sekarang ini seperti tindak kriminaliatas yang dilakukan oleh kaum gay dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Welinton terhadap korbannya Nopriadi. Pelaku pun mengakui jika dirinya merasa cemburu dengan korban yang diduga memiliki hubungan dengan pria lain (Idrus 2001). Perilaku agresi yang dilakukan oleh kaum homoseksual sangat meresahkan masyarakat terlebih lagi perilaku tersebut dianggap perilaku yang abnormal dan menyimpang oleh masyarakat. Selain itu rasa percaya diri pada homoseksual memegang peranan penting dalam kehidupan sosial komunitas homoseksual dan membantu individu homoseksual dalam mengadakan hubungan dengan dunia sosialnya antara lain sebagai dasar menjalin relasi dengan orang lain maupun dengan sesama kaum homoseksual.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang Kriteria subyek penelitian ini adalah homoseksual laki-laki berdomisili di kota Malang anggota organisasi IGAMA (Ikatan Gay Arema Malang) dan berusia 20-40 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut dapat diketahui bahwa subyek penelitian ini berjumlah 43 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri pada homoseksual di kota Malang sebagian besar berada di kategori sedang yaitu sebesar 41 86% (18 orang) dan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang juga berada di kategori sedang sebesar 39 54% (17 orang). Dari hasil analisis korelasional diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang (rxy 0 938 p 0 000) hal ini berarti bahwa hipotesis awal yang berbunyi terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan perilaku agresi pada homoseksual di kota Malang ditolak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan para homoseksual dalam membuka diri hendaknya bukan melalui perilaku agresi tetapi melalui cara yang lebih efektif dan lebih positif seperti melakukan seminar dan pemberian informasi tentang HIV/AIDS dan melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi pandangan negatif masyarakat terhadap kaum homoseksual. Selain itu bagi anggota masyarakat hendaknya selalu memandang positif terhadap kaum homoseksual sehingga dapat menambah kepercayaan diri para homoseksual dalam melakukan hal-hal yang lebih positif dan bukan melakukan perilaku agresi yang merugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101614

Actions (login required)

View Item View Item