Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP berbasis cooperative learning / Lina Astriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP berbasis cooperative learning / Lina Astriani

Lina (2010) Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP berbasis cooperative learning / Lina Astriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembar Persetujuan dan Pengesahan Skripsi Skripsi oleh Lina Astriani ini Telah dipertahankan di depan dewan penguji Pada tanggal 28 Desember 2009 Dewan Penguji Dr. Widodo H.S M.Pd Ketua NIP 19510816 198003 1 001 Dr. Nurhadi M.Pd Anggota NIP 19620102 198701 1 001 Drs. Masnur Muslich M.Si Anggota NIP 19560222 198003 1 006 Mengetahui Ketua Jurusan Sastra Indonesia Dr. Maryaeni M.Pd NIP 1959101 019860 1 100 Mengesahkan Dekan Fakultas Sastra Prof. Dr. Dawud M.Pd NIP 19590610 198503 1 005 Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com ABSTRAK Astriani Lina. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara untuk Siswa SMP berbasis Cooperative Learning. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd (II) Drs. Masnur Muslich M.Si. Kata Kunci bahan ajar keterampilan berbicara cooperative learning. Berbicara adalah keterampilan berbahasa lisan. Agar pembicaraan mencapai tujuan pembicara harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menyampaikan maksudnya. Hal ini bermakna agar pembicara memahami bagaimana cara berbicara yang efektif sehingga pendengar dapat menangkap informasi yang disampaikan pembicara secara efektif. Pengajaran keterampilan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia juga mengajarkan siswa berani mengungkapkan apa yang ada dipikiran mereka dan memberikan kebebasan mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Selain itu pembelajaran berbicara diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi dalam diri siswa meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berpendapat meningkatkan ilmu pengetahuan serta memperluas wawasan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang dapat membantu siswa dalam proses belajar terutama kegiatan berbicara serta mendukung terciptanya kegiatan belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan pembelajaran berbicara dan mengembangkannya dalam bentuk buku ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP kelas IX semester 2. Spesifikasi produk dari penelitian ini adalah buku ajar keterampilan berbicara berbasis cooperative learning untuk siswa SMP kelas IX semester 2 sesuai dengan KTSP untuk SMP. Metode pengembangan ini terdiri atas model pengembangan prosedur pengembangan dan ujicoba produk. Model pengembangan dirumuskan dengan tahapan sebagai berikut 1) pengkajian kurikulum 2) penyusunan silabus dan RPP 3) pengkajian keilmuan 4) pemahaman karakteristik siswa dan guru 5) pengorganisasian buku 6) pemilihan bahan/materi 7) penyajian bahan/materi 8) ujicoba 9) revisi dan 10) produk akhir. Prosedur pengembangan dirumuskan dalam tiga tahap yaitu 1) tahap perencanaan 2) pengembangan dan 3) revisi. Sedangkan ujicoba produk dirumuskan dalam enam tahap yaitu 1) desain ujicoba 2) subjek ujicoba 3) data 4) instrumen pengumpulan data 5) instrumen pengumpulan data dan 6) teknik analisis data. Melalui penelitian ini dihasilkan buku ajar keterampilan berbicara berbasis cooperative learning untuk siswa SMP kelas IX semester 2 sesuai dengan KTSP untuk SMP. Buku ajar untuk selanjutnya diujicoba untuk mengetahui validasi produk. Buku ajar diujicobakan kepada satu pakar satu guru Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com dan siswa. Ujicoba buku ajar dilakukan untuk mendapatkan masukan berupa penilaian komentar kritik dan saran yang relevan sebagai bahan untuk revisi. Ujicoba buku ajar berbicara berbasis cooperative learning terdiri dari tiga model. Perencanaan meliputi 1) penentuan tujuan 2) pemilihan bahan 3) penyusunan kerangka dan 4) pengumpulan bahan. Pengembangan produk buku ajar berbicara meliputi 1) sistematika penulisan 2) teknik perujukan 3) penampilan tabel gambar dan ilustrasi visual dan 4) pengetikan. Pengembangan evaluasi keterampilan berbicara meliputi 1) pengecekan validitas isi bahan sajian 2) pengecekan sistematika 3) pengecekan bahasa dan 4) pengecekan penampilan tabel gambar dan ilustrasi visual. Buku ajar keterampilan berbicara berbasis cooperative learning ini sebagai salah satu alternatif yang dapat membantu proses pembelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item