Pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli HP Sony Ericsson pada remaja di Malang / Dwi Irmayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli HP Sony Ericsson pada remaja di Malang / Dwi Irmayani

Irmayani, Dwi (2009) Pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli HP Sony Ericsson pada remaja di Malang / Dwi Irmayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irmayani Dwi. 2009. Pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli Handphone Sony Ericsson pada remaja di Malang. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Weni Utami M.si. (2) Dyah Sulistiyorini M.Psi. Kata Kunci iklan perilaku konsumtif pengambilan keputusan membeli Banyaknya merek HP menuntut produsen berkompetisi untuk meningkatkan omset penjualan. Pengambilan keputusan membeli HP Sony Ericsson adalah mutlak menjadi kewenangan seorang konsumen namun tidak lepas dari kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa pengaruh terutama penayangan iklan dan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli Handphone Sony Ericsson pada remaja di Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan kausal relationship pada 87 orang subyek pemilik HP Sony Ericsson sebagai total sampel di SMAN 4 Malang. Data Iklan diperoleh dengan kuesioner iklan (validitas internal item 8805 0 307 945 0 897) data perilaku konsumtif diperoleh dengan skala perilaku konsumtif (validitas internal item 8805 0 213 945 0 572) dan data pengambilan keputusan membeli diperoleh dengan kuesioner pengambilan keputusan membeli (Validitas internal item 8805 0 278 945 780) dan dianalisis menggunakan uji regresi ganda yang dilakukan dengan program SPSS 14 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh iklan terhadap pengambilan keputusan membeli Handphone Sony Ericsson pada remaja di Malang [R 0 351 F 45 926 p 0 000 0 05 beta 0 592 y 7 135 (0 592X1)] terdapat pengaruh perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli Handphone Sony Ericsson pada remaja di Malang [R 0 248 F 28 102 p 0 000 0 05 y -1 35 (0 498X2)] dan terdapat pengaruh iklan dan perilaku konsumtif terhadap pengambilan keputusan membeli Handphone Sony Ericsson pada remaja di Malang [R 0 434 F 32 160 p 0 000 0 05 y - 1 635 (0 468X1) (0 313X2)]. Variabel iklan dan perilaku konsumtif menyumbang sebesar 41 9% dalam pengambilan keputusan membeli HP Sony Ericsson pada remaja di Malang. Berdasarkan kesimpulan penelitian bagi remaja disarankan agar memperhatikan pengenalan kebutuhan pencarian informasi evaluasi alternatif pembelian dan hasil dari pembelian yang merupakan aspek penting dalam pengambilan keputusan membeli. Bagi pemasang iklan disarankan agar menyajikan pesan iklan yang lebih mendidik karena hal itu berpengaruh terhadap pengambilan keputusan membeli para remaja. Sedangkan Bagi peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji pengambilan keputusan membeli disarankan agar melakukan penelitian secara lebih lengkap dan komprehensif dengan cara menambah variabel-variabel yang mempengaruhi pengambilan keputusan membeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101519

Actions (login required)

View Item View Item