Hubungan antara dukungan sosial dan ketabahan (hardiness) pada ayah yang memiliki anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di River Kids Kota Malang / Novita Chandra Amrullah

Amrullah, Novita Chandra (2019) Hubungan antara dukungan sosial dan ketabahan (hardiness) pada ayah yang memiliki anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di River Kids Kota Malang / Novita Chandra Amrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amrullah, Novita Candra. 2019. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Ketabahan (Hardiness) Pada Ayah Yang Memiliki Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) Di River Kids Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Prastuti, M.Si Kata Kunci: dukungan sosial, ketabahan (hardiness), ayah, autism spectrum disorder(ASD) Ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD) lebih memiliki stres yang tinggi sehingga dibutuhkan adanya ketabahan (hardiness). Ketabahan (hardiness) merupakan karakteristik kepribadian yang berguna dalam mengurangi efek negatif stres dari suatu keadaan yang menekan. Ketabahan (hardiness) dapat disebabkan adanya dukungan sosial.Dukungan sosial merupakan pertukaran bantuan antar individu dan pemberian rasa nyaman baik secara fisik maupun psikologis. Dukungan sosial dapat bersumber dari istri, keluarga, dan teman dekat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran dukungan sosial yang diterima oleh ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD), (2) Mengetahui gambaran ketabahan (hardiness) pada ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD), (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan ketabahan (hardiness) pada ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD). Rancangan penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik populasi. Populasi yang digunakan ialah seluruh ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD) di River Kids Kota Malang yang berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah skala dukungan sosial dan skala ketabahan (hardiness). Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besarsubjek penelitian mendapatkan dukungan sosial yang tinggi, (2) sebagian subjek penelitian memiliki ketabahan yang tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif dengan sig 0,000 (r= 0,826) antara dukungan sosial dengan ketabahan (hardiness) pada ayah yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder (ASD) di River Kids Kota Malang. Hasil tersebut menunjukkan semakin tinggi dukungan sosial yang diterima maka semakin tinggi ketabahan (hardiness) yang dimiliki oleh ayah. Saran pada peneliti selanjutnya adalah menambahkan subjek agar hasil dapat digeneralisasikan dan menambahkan data demografi agar dapat memperkaya hasil penelitian. Untuk mendapatkan hasil yang lebih jenuh disarakan untuk menggunakan metode kualitatif. Selain itu, bagi ayah diharapkan memperluas relasi dengan lingkungan dan orang sekitar serta membuka diri terhadap hal baru. Bagi keluarga diharapkan saling menguatkan ketika menghadapi hal yang berat, memberikan informasi yang dibutuhkan oleh ayah dan memberikan perhatian terhadap kondisi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101420

Actions (login required)

View Item View Item