Perbedaan kepercayaan diri ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja / Yunita Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kepercayaan diri ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja / Yunita Kartikasari

Kartikasari, Yunita (2019) Perbedaan kepercayaan diri ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja / Yunita Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kartikasari Yunita 2019. Perbedaan Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Kepercayaan Diri Pola Asuh Orang Tua Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kepercayaa diri remaja (2) mendeskripsikan pola asuh orang tua (3) mengetahui perbedaan antara kepercayaan diri berdasarkan pola asuh orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden yang ditentukan dengan metode teknik random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan dua instrument yaitu instrument kepercayaan diri dan instrumen pola asuh orang tua. Instrumen kepercayaan diri memiliki validitas item antara 0 452 0 849 dan reliabilitas 0 912. Instrument pola asuh orang tua memiliki validitas item antara 0 364 0 743 dan reliabilitas 0 892. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepercayaa diri remaja berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53% (2) kebanyakan remaja diasuh menggunakan pola asuh otoriter mempunyai persentase sebesar 42% (3) terdapat perbedaan antara kepercayaan diri remaja berdasarkan pola asuh orang tua dengan p 0 000 0 05. Semakin orang tua menerapkan pola asuh otoritatif maka semakin tinggi kepercayaan diri remaja dengan nilai rata-rata sebesar 48.00. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian terkait kepercayaan diri diharapkan dapat menambah variasi variabel penelitian dengan mengenali faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri antara lain lingkungan guru disekolah konsep diri harga diri pengalaman dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101418

Actions (login required)

View Item View Item