Hubungan kelekatan anak pada ibu dan kemandirian anak di taman penitipan anak Kota Malang / Delia Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kelekatan anak pada ibu dan kemandirian anak di taman penitipan anak Kota Malang / Delia Puspita

Puspita, Delia (2020) Hubungan kelekatan anak pada ibu dan kemandirian anak di taman penitipan anak Kota Malang / Delia Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspita Delia. 2019. Hubungan Kelekatan Anak pada Ibu dan Kemandirian Anak di Taman Penitipan Anak Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi Kata kunci kelekatan anak pada ibu kemandirian anak Kemandirian adalah hal penting yang baik jika dibelajarkan sejak anak menginjak usia prasekolah. Pada anak prasekolah terjadi peningkatan kecerdasan dari 50 persen menjadi 80 persen sehingga disebut masa golden age. Pada kenyataannya beberapa penelitian mengungkap kemandirian anak prasekolah masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian adalah kelekatan. Ibu bekerja memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan pengasuhan anak. Ini berarti ibu memiliki waktu bertemu yang lebih sedikit untuk melakukan interaksi dan mengontrol secara langsung tumbuh kembang anak. Salah satu alternatif pengganti peran ibu selama bekerja adalah Taman Penitipan Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelekatan anak pada ibu dan kemandirian anak di Taman Penitipan Anak kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yang bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana variasi pada suatu variabel berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih variabel lain berdasarkan koefisien korelasinya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kelekatan anak pada ibu dan kuesioner identifikasi kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 32 responden uji coba dan 75 responden setelah uji coba. Responden tersebut adalah anak prasekolah (berusia 3-6 tahun) yang dititipkan di Taman Penitipan Anak kota Malang yang telah terdaftar resmi memiliki izin Dinas Pendidikan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode random sampling. Analisis deskriptif dengan pengkategorian norma dan uji hipotesis dilakukan menggunakan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh informasi bahwa (1) sebagian besar anak prasekolah yang berada di Taman Penitipan Anak Kota Malang memiliki kelekatan pada ibu pada kategori sedang (2) sebagian besar anak prasekolah yang berada di Taman Penitipan Anak Kota Malang memiliki kemandirian pada kategori sedang. Dan berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan informasi bahwa ada hubungan antara kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian anak yaitu rxy 0 237 p 0.040 8804 0.05. Saran yang diberikan peneliti bagi ibu adalah ibu dapat ikut menerapkan pola stimulasi kemandirian seperti yang diterapkan di Taman Penitipan Anak. Bagi pengasuh Taman Penitipan Anak adalah melakukan peninjauan langsung kemandirian pada aspek yang kurang pada anak secara lebih intensif yaitu pada aspek grooming. Dan bagi peneliti selanjutnya adalah meneliti tentang gangguan perkembangan anak sebagai faktor internal yang mempengaruhi kemandirian anak menambah indikator jumlah sampel variasi metode penelitian dan memperluas variasi umur responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101413

Actions (login required)

View Item View Item