Pengaruh kesehatan pembegalan terhadap ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah / Stephanandra Senna Pradana

Pradana, Stephanandra Senna (2020) Pengaruh kesehatan pembegalan terhadap ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah / Stephanandra Senna Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradana, Stephanandra Senna. 2019. Pengaruh Kejahatan Pembegalan Terhadap Ketakutan Kejahatan Pada Perempuan Usia Dewasa Tengah.Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. Kata Kunci: ketakutan, kejahatan, pembegalan, perempuan usia dewasa tengah. Perempuan ditemukan lebih takut terhadap kejahatan daripada laki-laki. Namun, penelitian pada perempuan usia dewasa tengah masih terbatas dan tidak mendukung. Kejahatan pembegalan ditemukan masih sering terjadi setiap tahun. Terdapat 2 masalah yang menjadi fokus penelitian: (1) Bagaimana ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah? (2) Apakah ada pengaruh kejahatan pembegalan terhadap ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental one-group pretest-posttest design.Subjek adalah perempuan usia dewasa tengah berjumlah 30 orang.Lokasi penelitian dilakukan di RT 03, Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Alat pengumpulan data adalah skala ketakutan terhadap kejahatan yang diberikan sebagai pretest dan posttest.Skala ketakutan terhadap kejahatan menggunakan r tabel dengan r hitung > 0,3494 dan memiliki reliabilitas sebesar 0,972. Bentuk perlakuan adalah video kejahatan pembegalan.Teknik analisis data yang digunakan adalah sample paired t-test. Hasil penelitian menemukanadanya perbedaan tingkat ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah sebelum dan sesudah pemberian perlakuan berupa penayangan video kejahatan pembegalan. Ketakutan kejahatan pada perempuan usia dewasa tengah sebelum dan sesudah perlakuan yaitu, sebanyak 57% subjek memiliki ketakutan rendah, lalu berubah menjadi hanya 50% subjek saja. Sebanyak 43% subjek yang memiliki ketakutan tinggi, lalu naik menjadi 50% subjek yang memiliki ketakutan tinggi. Ketakutan yang dimiliki subjek diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan agar lebih berhati-hati terhadap potensi kejadian kejahatan yang mungkin timbul. Variasi bentuk kejahatan lain dan karateristik subjek diharapkan dapat dilakukan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101412

Actions (login required)

View Item View Item