Syahraya, Mirna (2019) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan hotel Ijen Suites Resort & Convention Malang / Mirna Syahraya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Syahraya Mirna. 2019. Hubungan Terhadap Kecerdasan Emosional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Hotel Ijen Suites and Convention Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva S.Psi. M.Psi Kata kunci kecerdasan emosional organizational citizenship behavior karyawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan Ijen Suites Resort and Convention Malang. Karyawan merupakan pekerja yang diberi imbalan sesuai dengan tanggung jawab oleh organisasi dalam melakukan pencapaian terhadap perusahaan tersebut.Karakteristik kinerja pada karyawan dapat menyebabkan efek samping ketika dipicu oleh bentuk pengelolaan emosi dan perilaku karyawan yang rendah akibat dari permasalahan yang muncul di setiap karyawan pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional perhitungan analisis regresi berganda dengan populasi sebanyak 118 yang melibatkan 88 responden yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis pengambilan sampel purposive samplingyaitu karakteristik responden ditentukan oleh penulis. Sampel penelitian merupakan karyawan Ijen Suites Resort and Convention Malang. Pengumpulan data menggunakan instrumen kecerdasan emosional dengan reliabilitas sebesar 0 900 dan pada instrumen organizational citizenship behavior (OCB) dengan reliabilitas sebesar 0 936 yang berarti kedua variabel dalam kategori reliabilitas baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42 karyawan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi dan 46 karyawan rendah sebanyak 73 karyawan memiliki tingkat organizational citizenship behavior (OCB) yang tinggi dan 15 karyawan memiliki tingkat yang rendah. Hasil koefisien korelasi variabel kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (OCB) sebesar 0 320 dengan signifikasni p 0 002 dari 0 05. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (OCB) dengan kategori rendah pada karyawan Ijen Suites Resort and Convention Malang. Saran yang diberikan untuk karyawan Ijen Suites Resort and Convention Malang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah agar dapat lebih mengelola emosi yang positif dengan kemampuan merasakan memahami menerapkan secara efektif daya kepekaan emosi dan dapat menunjukkan perilaku yang membantu karyawan lain dalam mencapai tujuan perusahaan sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi fokus dan stabil serta menjadikan karyawan tersebut memiliki tingkat kualitas yang lebih tinggi. Saran untuk penelitian selanjutnya yang ingin meneliti agar lebih memperluas data responden sehingga dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian penulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |