Hubungan antara kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet / Selviya Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet / Selviya Anggraini

Anggraini, Selviya (2019) Hubungan antara kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet / Selviya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraini Selviya. 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kejenuhan Belajar Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indah Yasminum Suhanti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Kontrol Diri Kejenuhan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kontrol diri pada santriwati di pondok pesantren AU Pacet (2) mendeskripsikan kejenuhan belajar pada santriwati di pondok pesantren AU Pacet (3) mengetahui hubungan kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati di pondok pesantren AU Pacet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 856 santriwati jenjang MA dan sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data yaitu dengan angket metode skala likert yang terdiri dari dua instrumen yakni instrumen kontrol diri dan instrumen kejenuhan belajar. Pada instrumen kontrol diri terdapat 37 aitem yang valid dari 40 aitem dengan nilai reliabilitas 0.864 sedangkan instrument kejenuhan belajar terdapat 80 aitem yang valid dari total keseluruhan 86 aitem dengan nilai reliabilitas sebesar 0.950. Hasil penelitian menunjukkan (1) kontrol diri pada santriwati berada pada kategori tinggi dengan persentase 55.82% atau sebanyak 50 santriwati (2) kejenuhan belajar pada santriwati berada pada kategori tinggi dengan persentase 57.35% atau sebanyak 52 santriwati (3) adanya hubungan antara kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati dengan koefiesien korelasi nilai p 0.000 0.05. Nilai koefisien korelasi sebesar -0.614 dalam arti ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan kejenuhan belajar pada santriwati. Saran untuk (1) santriwati untuk meningkatkan kontrol diri. (2) pihak lembaga MA dan guru untuk membantu para santriwati meningkatkan kontrol diri (3) penelitian selanjutnya apabila ingin melakukan penelitian dengan tema yang sama dapat dilakukan dengan metode kualitatif agar memperoleh hasil yang lebih mendalam dan memperbaiki instrumen-instrumen penelitian yang kurang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kontrol diri yaitu faktor internal seperti usia dan faktor eksternal seperti pola asuh orang tua dan lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101408

Actions (login required)

View Item View Item