Pengaruh self esteem dan body image terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja perempuan / Hanifah Tri Mulyarny

Mulyarny, Hanifah Tri (2020) Pengaruh self esteem dan body image terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja perempuan / Hanifah Tri Mulyarny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mulyarny, Hanifah Tri. 2019. Pengaruh Self Esteem dan Body Image Terhadap Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja Perempuan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endang Prastuti, M.Si. Kata Kunci: self esteem, body image, kecenderungan body dysmorphic disorder, remaja perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari self esteem dan body image terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja perempuan baik secara parsial maupun stimulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah remaja perempuan di SMAN 1 Purwosari, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 152 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala self-esteem, skala body image dan skala kecenderungan body dysmorphic disorder yang disusun oleh peneliti. Validitas instrumen dihitung menggunakan korelasi product moment Pearson dengan indeks daya beda aitem bergerak dari 0,2-0,7. Uji Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien &#945; yang diperoleh berada diantara 0,8-0,9. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja perempuan di SMAN 1 Purwosari (1) 50,7 % memiliki self esteem dengan klasifikasi rendah. (2) 52 % memiliki body image dengan klasifikasi rendah. (3) 52,6 % memiliki kecenderungan body dysmorphic disorder dengan klasifikasi tinggi. (4) Terdapat pengaruh self esteem terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder secara parsial dengan p-value=0,000, p<0,05. (5) Terdapat pengaruh body image terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder secara parsial p-value=0,038, p<0,05, dan (6) Terdapat pengaruh self esteem dan body image secara bersama-sama terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder dengan p-value=0,000, p<0,05 dan sumbangan sebesar 58 %, dimana self esteem memberikan sumbangan sebesar 51 % dan body image memberikan sumbangan sebesar 7 %. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: 1) bagi remaja putri disarankan agar lebih mengembangkan self esteem dan body image positif dalam dirinya. 2) bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan pengembangan lanjut terhadap riset ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101397

Actions (login required)

View Item View Item