Hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri "X" Pakis / Siti Fatimatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri "X" Pakis / Siti Fatimatuz Zahroh

Zahroh, Siti Fatimatuz (2019) Hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri "X" Pakis / Siti Fatimatuz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zahroh Siti Fatimatuz. 2019. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Di SMP Negeri X Pakis Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Weni Utami M.Si. Kata Kunci persepsi terhadap pola asuh otoriter perilaku bullying pelaku bullying Kasus bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah khususnya sekolah menengah pertama. Pada usia sekolah menengah pertama anak memasuki masa remaja. Pada masa tersebut anak mencari identitas diri dengan bergabung dalam kelompok teman sebaya. Perilaku bullying menjadi tradisi yang terus menerus pada remaja karena pada masa tersebut remaja mencari identitas diri dengan cara bergabung dalam kelompok teman sebaya. Kasus bullying disebabkan oleh salah satu faktor yaitu persepsi terhadap pola asuh otoriter orang tua. Hal tersebut dikarenakan siswa meniru perilaku yang dilakukan orang tua di rumah dan di lampiaskan pada teman di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui persepsi siwa terhadap pola asuh otoriter orang tua pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis (2) mengetahui perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis (3) mengetahui hubungan antara persepsi siwa terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bulling pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 68 pelaku bullying yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan dua instrumen yaitu instrumen pola asuh otoriter dan instrumen perilaku bullying. Sedangkan pencarian subjek dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pelaku bullying. Instrumen pola asuh otoriter memiliki validitas item antara 0 000 0 046 dan reliabilitas 0 870. Instrumen perilaku bullying memiliki validitas item antara 0 000 0 044 dan reliabilitas 0 953. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter orang tua pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis berada pada klasifikasi sedang dengan persentase sebesar 43% (2) secara umum perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis berada pada klasifikasi sedang dengan persentase sebesar 35% (3) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bullying pada pelaku bullying di SMP Negeri X Pakis dengan signifikansi p 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101395

Actions (login required)

View Item View Item