Hubungan antara fear of missing out dengan kemampuan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Al Dhieza Berlian Putri

Putri, Al Dhieza Berlian (2019) Hubungan antara fear of missing out dengan kemampuan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Al Dhieza Berlian Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, A.D.B. 2019. Hubungan Antara Fear of Missing Out dengan Kemampuan Interaksi Sosial. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dra. Sri Weni Utami, M.Si. Kata kunci: fear of missing out, kemampuan interaksi sosial Kebutuhan interaksi sosial ini memiliki peran penting di dalam masyarakat karena manusia merupakan makhluk sosial yang semasa hidupnya akan menghabiskan waktunya dengan orang lain. Oleh karena itu, menggunakan media sosial akan terasa lebih mudah untuk berkomunikasi dan mengakses segala sesuatu yang berkaitan dengan orang lain, sehingga mereka memiliki perasaan tidak menyenangkan apabila ketinggalan berita baru atau aktifitas yang dilakukan oleh orang lain seperti perasaan cemas, sedih, khawatir, ataupun takut. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengangkat judul “Hubungan antara Fear of Missing Out dengan Kemampuan Interaksi Sosial pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of missing out dengan kemampuan interaksi sosial pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif-korelasional, pengambilan subjek di dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling, dalam penelitian ini sampel berjumlah 80 mahasiswa dari jumlah populasi 320 orang dengan kriteria (1) mahasiswa aktif Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2015-2016 dan 2016-2017, (2) laki-laki dan perempuan (3) usia 18-22 tahun (4) aktif menggunakan media sosial youtube, twitter, snapchat, facebook, dan instagran Hasil penelitian ini memperoleh hasil subjek pnelitian memiliki fear of missing out dalam kategori tinggi sehingga kecenderungan memiliki perasaan kehilangan peristiwa yang dilakukan oleh orang lain. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa menunjukkan persentase 61,9% (62 mahasiswa) yang memiliki tingkat fear of missing out tinggi sedangkan terdapat persentase 38,1% (38 mahasiswa) yang memiliki tingkat rendah. Hasil korelasi antara variabel persepsi Fear of Missing Out dan kemampuan interaksi sosial sebesar -0,372 dengan taraf signifikansi 0, 001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara Fear of Missing Out dan kemampuan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi: (1) Mahasiswa Universitas Negeri Malang maupun mahasiswa lainnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sosial untuk dapat melatih kepercayaan diri di lingkungan masyarakat. (2) Peneliti selanjutnya yaitu agar dapat lebih memperhitungkan ke efektivan dalam menentukan subjek yang akan diangkat dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101389

Actions (login required)

View Item View Item