Pengaruh keterlibatan proses kreatif terhadap kreativitas karyawan PT. Cendana Teknika Utama / Seta Nur Furqan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keterlibatan proses kreatif terhadap kreativitas karyawan PT. Cendana Teknika Utama / Seta Nur Furqan

Furqan, Seta Nur (2019) Pengaruh keterlibatan proses kreatif terhadap kreativitas karyawan PT. Cendana Teknika Utama / Seta Nur Furqan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Furqan Seta. 2019. Pengaruh Keterlibatan Proses Kreatif terhadap Kreativitas Karyawan PT Cendana Teknika Utama. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Eva M.Psi. Kata kunci keterlibatan proses kreatif kreativitas. Kreativitas didefinisikan sebagai produksi ide atau solusi yang baru dan berguna. Kebaruan dan kegunaan adalah kondisi yang diperlukan untuk sebuah ide atau solusi untuk dinilai kreatif. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas adalah keterlibatan proses kreatif. Keterlibatan proses kreatif adalah keterlibatan karyawan dalam proses kognitif kreativitas yang relevan termasuk identifikasi masalah mencari informasi dan encoding serta menghasilkan ide dan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan proses kreatif terhadap kreativitas karyawan PT Cendana Teknika Utama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan analisis regresi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 karyawan PT Cendana Teknika Utama tetap maupun tidak tetap yang pernah terlibat dalam proyek pembuatan berbagai produk perangkat lunak maupun produk perangkat keras perusahaan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kreativitas yang terdiri dari 12 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0 862 dan skala keterlibatan proses kreatif terdiri dari 11 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0 763. Hasil penelitian adalah (1) Tingkat kreativitas karyawan PT Cendana Teknika Utama dalam kategori rendah. (2) Tingkat keterlibatan proses kreatif karyawan PT Cendana Teknika Utama dalam kategori rendah. (3) Terdapat pengaruh keterlibatan proses kreatif terhadap kreativitas dari nilai p 0 00 0 05 dengan nilai R square 25 2%. Saran bagi karyawan untuk meningkatkan keterlibatan proses kreatif sedangkan bagi instansi terkait untuk merumuskan upaya-upaya peningkatan keterlibatan proses kreatif karyawan Kemudian bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperluas populasi penelitian dalam berbagai macam lingkup industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101386

Actions (login required)

View Item View Item