Hubungan antara self regulated learning dengan student engagement selama pembelajaran di kelas pada siswa SMP di Malang / Dhea Puspita Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self regulated learning dengan student engagement selama pembelajaran di kelas pada siswa SMP di Malang / Dhea Puspita Indah Sari

Sari, Dhea Puspita Indah (2019) Hubungan antara self regulated learning dengan student engagement selama pembelajaran di kelas pada siswa SMP di Malang / Dhea Puspita Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Dhea Puspita Indah 2019. Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Student Engagement selama pembelajaran di kelas pada siswa SMP di Malang. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci self regulated learning student engagement siswa kelas VIII Keterlibatan perilaku menggambarkan kualitas motivasi siswa yang ditampilkan dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas maupun kegiatan diluar kelas mencakup siswa memiliki usaha intensitas dan ketekunan dalam menjalankan kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran self regulated learning dan student engagement serta untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan student engagement selama pembelajaran di kelas yang dimiliki siswa SMP di Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri 174 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala self regulated learning dan student engagement yang dikembangkan oleh penulis. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji deskriptif dan uji korelasi dengan formula product moment pearson. Hasil deskriptif menunjukkan diperoleh hasil bahwa dari 174 siswa 46 siswa memiliki tingkat self regulated learning yang tinggi 124 siswa yang memiliki self regulated learning sedang dan 4 siswa termasuk dalam kategori rendah. Hal tersebut berarti 71 26% siswa memiliki tingkat self regulated learning yang termasuk sedang. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang memiliki self regulated learning yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu hasil uji deskriptif diperoleh hasil bahwa dari 174 siswa 52 siswa memiliki tingkat student engagement yang tinggi dan 122 siswa memiliki tingkat student engagement yang sedang. Hal tersebut berarti 70 11% siswa memiliki tingkat self regulated learning yang termasuk sedang. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang memiliki student engagement yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil korelasi self regulated learning dan student engagement menunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0 580 dengan p 0 000 (p

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101385

Actions (login required)

View Item View Item