Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesiapan untuk berubah pada anggota tim lintas-fungsi di Lupa Lelah Group / Ika Maulina Pratiwiningtyas

Pratiwiningtyas, Ika Maulina (2019) Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesiapan untuk berubah pada anggota tim lintas-fungsi di Lupa Lelah Group / Ika Maulina Pratiwiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwiningtyas, Ika Maulina. 2019. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kesiapan untuk berubah pada Anggota Tim Lintas-Fungsi di Lupa Lelah Group. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi. Kata kunci: Kecerdasan emosi, kesiapan untuk berubah, anggota tim lintas-fungsi Seiring dengan perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan mengharuskan manusia untuk mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang ada. Kebutuhan pasar yang terus menerus berubah, akan memberikan dampak langsung pada sektor industri dan organisasi. Organisasi yang mampu menyesuaikan kebutuhan pasar yang akan memenangkan persaingan. Sehingga, setiap organisasi dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesiapan untuk berubah pada anggota tim lintas-fungsi di Lupa Lelah Group. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan korelasi. Populasi pada penelitian ini merupakan anggota tim lintas-fungsi di Lupa Lelah Group. Sampel penelitian ini sebanyak 40 orang yang merupakan karyawan Lupa Lelah Group dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu berupa skala kecerdasan emosi dengan reliabilitas sebesar 0,937 dan skala kesiapan untuk berubah dengan reliabilitas sebesar 0,865. Analisis deskriptif penelitian ini menggunakan teknik persentase dan analisis korelasi menggunakan teknik product moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anggota tim lintas-fungsi di Lupa Lelah Group (1) memiliki kecerdasan emosi yang tinggi, yaitu 67,5% dari seluruh jumlah sampel (2) memiliki kesiapan untuk berubah yang tinggi, yaitu 70% dari seluruh jumlah sampel (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dan kesiapan untuk berubah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,473 yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosi, maka semakin tinggi pula kesiapan untuk berubah. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) bagi pihak organisasi, dukungan penuh seperti fasilitas yang memadahi dan sosialisasi kepada anggota yang terlibat untuk mempersiapkan perubahan yang akan dilakukan sangatlah penting untuk memaksimalkan hasil perubahan yang akan dilakukan (2) bagi anggota tim lintas-fungsi, diharapkan mampu mengenali dan memahami emosi diri dan menggunakan pemahaman tersebut untuk meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, diharapkan mampu untuk menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya guna membantu mempersiapkan situasi perubahan di dalam organisasi (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kecerdasan emosi dan kesiapan untuk berubah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101384

Actions (login required)

View Item View Item