Makna dan orientasi cinta berdasarkan perspektif Erich Fromm (studi fenomenologis pada janda di Gereja Katolik Santo Petrus Paulus, Wlingi) / Aprilia Dwi Kristanti

Kristanti, Aprilia Dwi (2019) Makna dan orientasi cinta berdasarkan perspektif Erich Fromm (studi fenomenologis pada janda di Gereja Katolik Santo Petrus Paulus, Wlingi) / Aprilia Dwi Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kristanti, Aprilia D. 2019. Makna dan Orientasi Cinta berdasarkan perspektif Erich Fromm (Studi Fenomenologi pada Janda di Gereja Santo Petrus Paulus Wlingi). Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : makna, orientasi, cinta, Erich Fromm, fenomenologi, janda, Gereja Santo Petrus Paulus Wlingi. Penelitian ini bertujuan untuk menggalimaknadan orientasi cinta jandaberagamaKatolikberdasarkanteori Erich Fromm. Model penelitian yang digunakandalampenelitianini adalah deskriptif fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Keabsahan data diuji dengan menggunakan member check atau verifikasi pada partisipan itu sendiri. Penelitian dilakukan di cakupan wilayah Gereja Santo Petrus Paulus, Wlingi, Kabupaten Blitar, yang melibatkan empat partisipan yang suaminyatelahmeninggaldunia.Jumlah janda di Gereja tersebut mengalami peningkatan besar di tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.Pengambilan data dilakukanselamakurang lebih 4 bulan.Hasil penelitian menunjukkan Partisipan memaknai cinta sebagai usaha untuk memberikan apa yang dimiliki dalam dirinya pada orientasi cintanya. Orientasi cinta partisipan cenderung lebih kuat pada anak dan Tuhan. Sementara itu juga ditemukan orientasi lain yaitu cucu, keponakan, tetangga, pasangan yang telah emninggal, teman-teman dan diri sendiri.Cinta produktif dialami terutama dalam relasi dengan anak, Tuhan, dan orang-orang disekitar. Relasi dengan pasangan dan diri sendiri menjadi relasi yang paling tidak dominan dalam kehidupan janda dan kurang dimaknai dengan cinta produktif.Berdasarkan hasilpenelitianinidisarankanuntukmelakukan konseling yang menekankanpentingnya memaknai cinta, terutama pada diri sendiri dalam aspek pengenalan terhadap potensi diri sendiri, yang menurut hasil penelitian ini kurang mendapat perhatian dari janda. Selain itu, cinta juga penting untuk diarahkan pada orientasi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101381

Actions (login required)

View Item View Item