Efektivitas penggunaan token economy terhadap peningkatan atensi belajar pada anak usia prasekolah / Iqlima Pratiwi

Pratiwi, Iqlima (2019) Efektivitas penggunaan token economy terhadap peningkatan atensi belajar pada anak usia prasekolah / Iqlima Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Iqlima. 2016. Efektivitas Penggunaan Token Economy terhadap Peningkatan Atensi Belajar Pada Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si. (II) Drs. Moh. Bisri M.Si. Kata kunci: modifikasi perilaku, token economy, atensi belajar, anak prasekolah. Tingginya egosentris dan sifat mudah bosan yang masih dimiliki anak, mengakibatkan intensitas penyerapan pengetahuan tidak dapat berjalan secara maksimal. Di sisi lain dalam usia 0-6 tahun, otak berkembang pesat hingga 80%. Otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi dengan cepat. Oleh karena itu, perlu adanya cara untuk mempertahankan atensi pada anak sehingga proses penerimaan pengetahuan dapat berjalan dengan optimal dan tetap mempertahankan sifat menyenangkan dalam prosesnya. Hal ini bertujuan agar anak memiliki atensi yang bertahan lama namun tidak dilakukan dengan paksaan yang dapat menyebabkan trauma pada kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menggunakan metode token economy sebagai media pelaksanaan intervensi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pre Test - Post Test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang dilakukan peneliti dengan menggunakan format observasi token economyserta panduan sebagai instrumennya. Metode ini digunakan untuk mengetahui lama anak menunjukkan atensi di dalam kelas. Metode ini juga digunakan untuk mengetahui jumlah skor yang diperoleh anak sebagai dasar pemberian token dan jumlah yang mereka terima. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan token economy sebagai metode dalam memodifikasi perilaku dapat memberikan dampak positif terhadap atensi belajar pada anak usia prasekolah. Hal ini dapat diketahui dari nilai hasil signifikansi (2-tailed) pada uji beda sebesar 0,000 yang mana lebih rendah dari batas maksimal signifikansi 0,05. Selain itu, melalui uji efektivitas dengan menggunakan N-gain score diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,75 yang mana berada dalam rentangan kategori signigikansi tinggi.Berdasarkan hasil analisis data atensi belajar dapat dibuktikan bahwa hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu token economy efektif digunakan untuk meningkatkan atensi belajar pada anak usia prasekolah, dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode token economy efektif untuk digunakan dalam peningkatan atensi belajar pada anak usia prasekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saran-saran untuk berbagai pihak. Bagi orang tua, diharapkan untuk dapat memberikan dukungan dan motivasi berupa kata-kata penyemangat atau apresiasi positif lainnya, sehingga metode token economy dapat bekerja lebih optimal dalam meningkatkan atensi belajar anak.Bagi para guru, diharapkan agar tidak hanya menerapkan metode dalam lingkup penelitian ini, namun juga menerapkan metode ini dalam pengaplikasian sifat-sifat lainnya sehingga dapat terwujud karakter-karakter yang berkembang kearah positif. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan pemberian token secara intensif tanpa ada jeda hari, sehingga hasil yang diperoleh menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101380

Actions (login required)

View Item View Item