Hubungan antara kecemasan dan konsumsi kopi dan rokok mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qonita Shabrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kecemasan dan konsumsi kopi dan rokok mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qonita Shabrina

Shabrina, Qonita (2019) Hubungan antara kecemasan dan konsumsi kopi dan rokok mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qonita Shabrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shabrina Qonita. 2019. Hubungan antara Kecemasan dan Konsumsi Kopi dan Rokok pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata Kunci kecemasan konsumsi kopi dan rokok mahasiswa Kecemasan yang dirasakan seseorang adalah mekanisme pertahanan diri dari stimulus yang mengancam dan menimbulkan perasaan khawatir. Kecemasan dapat menimbulkan memunculkan erilaku maladaptif ketika tubuh tidak dapat mengkopingnya. Sering kali seseorang mengonsumsi kopi dan rokok untuk menurunkan kecemasan yang dirasakan. Zat tersebut mengandung dopamin yang dapat merangsang signal GABA dalam otak yang berfungsi pereda kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan konsumsi kopi dan rokok serta hubungan antara kecemasan dan konsumsi kopi dan rokok pada Mahasiswa UM. Sampel penelitian berjumlah 113 mahasiswa dari 8 fakultas di UM dengan kriteria mengonsumsi kopi dan rokok saat mereka merasa cemas. Pengumpulan data dengan menggunakan skala kecemasan dan frekuensi konsumsi kopi dan rokok. Analisis data menggunakan uji deskriptif dengan penormaan skor T untuk kecemasan kemudian uji korelasi Kendall Tau. Hasil uji deskriptif menunjukan bahwa 19 5% merasakan kecemasan berkategori tinggi 65 5% subjek merasakan kecemasan berkategori sedang serta 15% merasakan kecemasan rendah. Selain itu hasil uji deskriptif menunjukkan 45 1% mengonsumsi kopi dan rokok dalam kategori rendah 30 1% dalam kategori sedang dan 24 8% dalam kategori tinggi. Hasil analisis korelasi menunjukkan kecemasan dengan konsumsi kopi dan rokok memiliki korelasi positif (r 0 184 p 0 11 8804 0 05). Hasil penelitian ini menunjukkan konsumsi kopi dan rokok dapat membantu meredakan kecemasan yang dirasakan mahasiswa UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101377

Actions (login required)

View Item View Item