Hubungan konsep diri dengan empty-nest pada ibu yang memiliki anak merantau di Desa Waekerta Kabupaten Buru Maluku / Feni Oktaria

Oktaria, Feni (2019) Hubungan konsep diri dengan empty-nest pada ibu yang memiliki anak merantau di Desa Waekerta Kabupaten Buru Maluku / Feni Oktaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktaria, Feni. 2019. Hubungan Konsep Diri dengan Kecenderungan Empty Nest pada Orang Tua yang Memiliki Anak Merantau di Desa Waekerta Kab. Buru Maluku. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (1) Drs. Moh Bisri, M.Si. Kata Kunci : konsep diri, empty-nest, ibu yang memiliki anak merantau Pada masa dewasa akhir sebagian orang tua akan mengalami fase baru didalam hidup ketika anak beranjak dewasa dan mulai meninggalkan rumah baik untuk melanjutkan pendidikan ataupun pernikahan. Pada saat itu muncul perasaan cemas dan khawatir dengan kehidupan anak, oleh karena itu diperlukan konsep diri yang baik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran konsep diri yang dimiliki oleh orang tua yang memiliki anak merantau, (2) untuk mengetahui empty nest yang dialami oleh orang tua yang memiliki anak merantau, (3) untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan empty nest pada orang tua yang memiliki anak merantau. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian merupakan orang tua yang memiliki anak merantau di Desa Waekerta Kab. Buru Maluku berjumlah 45 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposiv sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan Skala Konsep Diri dan Skala Empty Nest. Validitas skala konsep diri dan skala empty nest dihitung menggunakan korelasi product moment dari pearson. Uji validitas konsep diri diperoleh tingkat reliabilitas 0,954 pada alpha cronbach dan uji validitas skala empty nest diperoleh tingkat reliabilitas 0,942 pada alpha cronbach. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Nilai korelasi yang diperoleh antara variabel konsep diri dengan variabel empty nest sebesar -0,330 dengan signifikansi 0,027 (sig.< 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara konsep diri dengan empty nest pada orang tua yang memiliki anak merantau. Semakin tinggi konsep diri maka kecenderungan empty nest yang dialami oleh orang tua yang memiliki anak merantau semakin rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101376

Actions (login required)

View Item View Item