Hubungan antara motivasi dan komitmen organisasi dengan intensitas turnover pada karyawan UD Harum Manis / Diyah Trie Anggraeni

Anggraeni, Diyah Trie (2019) Hubungan antara motivasi dan komitmen organisasi dengan intensitas turnover pada karyawan UD Harum Manis / Diyah Trie Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraeni, D. T. 2019. Hubungan antara Motivasi dan Komitmen Organisasi dengan Intensitas Turnover pada Karyawan UD Harum Manis. Skipsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M. Psi. Kata kunci: motivasi, komitmen organisasi, intensitas turnover Berhenti bekerja secara sukarela merupakan keputusan karyawan untuk meninggalkan perusahaan secara sukarela. Ada dampak negatif yang ditimbulkan dari turnover bagi perusahaan, terlebih jika yang melakukan turnover adalah karyawan yang keterampilannya dibutuhkan perusahaan dan dapat menambah biaya untuk perekrutan, seleksi dan penempatan kembali karena diperlukan pelatihan bagi karyawan baru nantinya. Motivasi dan komitmen organisasi menjadi beberapa faktor yang mendorong terjadinya intensitas turnover. Di dalam faktor motivasi, salah satu tujuan motivasi adalah mempertahankan kestabilan karyawan perusahaan. Artinya pemberian motivasi kepada karyawan dapat mencegah karyawan tersebut untuk berniat pindah kerja ke tempat lain. Karyawan yang mempunyai komitmen organisasi yang kuat akan membentuk perasaan memiliki (sense of belonging), rasa aman, efikasi, tujuan dan arti hidup serta gambaran diri positif. Melalui komitmen organisasi yang kuat, akibat yang dirasakan secara langsung adalah menurunnya dorongan diri untuk berpindah pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) deskripsi motivasi pada karyawan UD Harum Manis, (2) deskripsi komitmen organisasi pada karyawan UD Harum Manis, (3) deskripsi intensitas turnover pada karyawan UD Harum Manis, dan (4) hubungan antara motivasi dan komitmen organisasi dengan intensitas turnover pada karyawan UD Harum Manis. Pada variabel motivasi didapat sebanyak 45,46% karyawan termasuk dalam kategori tinggi dan 45,46 % karyawan masuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan UD Harum Manis memiliki motivasi yang rendah. Pada variabel komitmen organisasi sebanyak 48,49 % karyawan termasuk dalam kategori tinggi dan 51,51 % karyawan masuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan UD Harum Manis memiliki komitmen organisasi yang rendah. Pada variabel intensitas turnover sebanyak 51,51 % karyawan termasuk dalam kategori tinggi dan 45,46 % karyawan masuk dalam kategori rendah, dan 3,03 % karyawan termasuk dalam kategori sangat rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan UD Harum Manis memiliki intensitas turnover yang rendah. Hasil pengujian korelasi sederhana didapatkan adanya hubungan yang negatif antara motivasi dengan intensitas turnover dan juga hubungan yang negatif antara komitmen organisasi dengan intensitas turnover. Pada pengujian korelasi ganda didapatkan ada hubungan antara motivasi dan komitmen organisasi dengan intensitas turnover pada karyawan di UD Harum Manis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101375

Actions (login required)

View Item View Item