Hubungan antara organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi pada anggota Forum Mahasiswa Jabodetabek (FORMAJA) Universitas Negeri Malang / Noval Nurfat Muhamad

Muhamad, Noval Nurfat (2020) Hubungan antara organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi pada anggota Forum Mahasiswa Jabodetabek (FORMAJA) Universitas Negeri Malang / Noval Nurfat Muhamad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muhamad, Noval Nurfat. 2019. Hubungan Antara Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Organisasi pada Anggota Forum Mahasiswa Jabodetabek Universitas Negeri Malang, Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si. Kata Kunci: Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Organisasi. Permasalahan yang terkait dengan komitmen organisasi merupakan permasalahan yang dihadapi dalam suatu organisasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan 3 orang anggota, pertama dilakukan pada ketua umum yang menjelaskan bahwa kesadaran dalam berorganisasi masih kurang serta banyak anggota keluar masuk grup. Kedua wakil ketua umum menjelaskan bahwa sedikit anggota yang kumpul dan mengikuti serangkaian acara-acara yang ada di organisasi. Ketiga penasihat menjelaskan juga kurangnya komunikasi antar anggota sehingga mengakibatkan banyaknya anggota yang malas untuk bertahan dalam organisasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan Organizational Citizenship Behavior pada Forum Mahasiswa Jabodebtabek Universitas Negeri Malang. (2) mendeskripsikan Komitmen Organisasi pada Forum Mahasiswa Jabodetabek Universitas Negeri Malang. (3) mengetahui hubungan Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Organisasi pada Forum Mahasiswa Jabodetabek Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat ukur berupa Skala Organizational Citizenship Behavior dengan reliabilitas sebesar 0,917 dan kuesioner komitmen organisasi menggunakan alat ukur berupa Skala Komitmen Organisasi dengan reliabilitas 0,961. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) organizational citizenship behavior pada anggota Forum Mahasiswa Jabodetabek Universitas Negeri Malang berada pada kategori tinggi dengan presentase 54,29%. (2) komitmen organisasi pada anggota Forum Mahasiswa Jabodetabek Universitas Negeri Malang berada pada kategori tinggi dengan presentase 61,43% (3) memiliki nilai korelasi rxy sebesar 0,890 dan p= 0,000 (p<0,05), sehingga H1 diterima. Saran untuk penelitian ini (1) ketua Umum serta jajaran pengurus dapat memberi kesempatan pada anggota dalam meningkatkan organizational citizenship behavior dalam bentuk perlakuan yang positif dalam mengerjakan tugas serta kegiatan untuk mendukung anggota yang mengalami kendala dalam berorganisasi. (2) anggota diharapkan dapat meningkatkan organizational citizenship behavior dalam mengerjakan tugas-tugas serta kegiatan organisasi melalui tindakan membantu tugas. (3) peneliti selanjutnya diharapkan lebih dapat mengungkapkan kualitas hasil penelitian dengan memperluas kembali populasi penelitian, menyertakan variabel dari faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101373

Actions (login required)

View Item View Item