Hubungan kecerdasan emosi dan perilaku agresi pada anak di perlindungan pelayanan sosial Petirahan Batu / Intan Nur Indah Sari

Sari, Intan Nur Indah (2020) Hubungan kecerdasan emosi dan perilaku agresi pada anak di perlindungan pelayanan sosial Petirahan Batu / Intan Nur Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari, Intan Nur Indah. 2019. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Agresi pada Anak di Perlindungan Pelayanan Sosial Petirahan Batu. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M. Ed. Kata kunci : kecerdasan emosi, agresi, anak PPSPA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan perilaku agresi pada anak Pelayanan Perlindungan Sosial Petirahan Batu. Serta menggunakan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 60 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Menggunakan skala kecerdasan emosi dengan reliabilitas 0,865 dan skala agresi dengan reliabilitas 0,602. Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnof, test for linerity dan uji korelasi product moment pearson. Hasil uji normalitas variabel kecerdasan emosi diperoleh 0,560 > 0,05, variabel agresi diperoleh 0,188 > 0,05 sehingga data kecerdasan emosi dan agresi berdistribusi normal. Uji hipotesis antara kedua variabel menggunakan product moment pearson diperoleh 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan agresi pada anak Pelayanan Perlindungan Sosial Petirahan Batu. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kecerdasan emosi pada anak Perlindungan Pelayanan Sosial Petirahan Batu memiliki kategori tinggi, (2) Agresi pada anak Pelayanan Perlindungan Sosial Petirahan Batu memiliki kategori rendah, dan (3) Terdapat hubungan yang negatif antara kecerdasan emosi dan agresi dengan angka korelasi sebesar r = -0,542, p (0,000) < &#945; antara kecerdasan emosi dan agresi pada anak Pelayanan Perlindungan Sosial Petirahan Batu. Saran untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan metode kualitatif untuk melihat bagaimana hubungan kecerdasan emosi dan perilaku agresi terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101372

Actions (login required)

View Item View Item