Hubungan antara kepribadian tangguh (hardiness) dan kesejahteraan subjektif (subjective well-being) suami yang merawat istri penderita kanker / Muhammad Fahmi Arifianto

Arifianto, Muhammad Fahmi (2019) Hubungan antara kepribadian tangguh (hardiness) dan kesejahteraan subjektif (subjective well-being) suami yang merawat istri penderita kanker / Muhammad Fahmi Arifianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifianto, M. F. 2019. Hubungan Antara Kepribadian Tangguh (Hardiness) Dan Kesejahteraan Subjektif (Subjective Well-Being) Suami Yang Merawat Istri Penderita Kanker. Skripsi, Jurusan Psikologi. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. Kata Kunci: kepribadian tangguh, kesejahteraan subjektif, suami yang merawat istri penderita kanker Kepribadian tangguh (hardiness) adalah bentuk karakteristik yang memiliki perlawanan disaat individu memenuhi suatu kejadian yang menimbulkan terjadinya stres dan membantu individu terhindar dari pengaruh negatif stres. Kesejahteraan subjektif (subjective well-being) adalah evaluasi hidup mencakup aspek afektif dan kognitif berupa kepuasan hidup berdasarkan keyakinan dan kebahagiaan dari hasil emosi menyenangkan maupun emosi tidak menyenangkan. Istri yang sakit kanker membutuhkan dukungan dari suami sebagai pendamping selama proses penyembuhan. Selama proses penyembuhan suami akan mengalami stres karena keadaan istri. Suami diharapkan dapat mengevaluasi hidupnya agar dapat mengontrol permasalahan yang dihadapi. Dalam mengontrol masalah yang dihadapi, suami memerlukan kepribadian tangguh untuk menghadapi masalah yang dalam masalah ini adalah keadaan istri yang terkena penyakit kanker. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepribadian tangguh dan kesejahteraan subjektif pada suami yang merawat istri penderita kanker di Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Jawa Timur, Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang, pengambilan subjek menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan skala kepribadian tangguh dengan reliabilitas 0,876 dan skala kesejahteraan subjektif dengan reliabilitas 0,865. Uji hipotesis antara kedua variabel menggunakan product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan (1) Sebagian besar suami yang merawat istri penderita kanker di YKI memiliki kepribadian tangguh yang berada pada kategori tinggi, (2) Sebagian besar suami yang merawat istri penderita kanker di YKI memiliki kesejahteraan subjektif yang berada pada kategori tinggi, dan (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepribadian tangguh dan kesejahteraan subjektif pada suami yang merawat istri penderita kanker di YKI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101371

Actions (login required)

View Item View Item