Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di Kota Malang / Putri Wiji Agustina

Agustina, Putri Wiji (2019) Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di Kota Malang / Putri Wiji Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustina, Putri Wiji. 2019. Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Siswa SMA Korban Bullying di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing. Dra. Sri Weni Utami, Msi. Kata Kunci: kecerdasan spiritual, kebermaknaan hidup, korban bullying. Kecerdasan spiritual dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk memandang masalah secara menyeluruh, menghadapi dan memecahkan persoalan makna kehidupan, dengan mendengarkan hatinuraninya, baik buruk, dan rasa moral yang terlihat dari cara menempatkan diri dalam pergaulan. Kebermaknaan hidup dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam memberikan arti kepentingan keberadaan hidupnya, mampu mengetahui tujuannya untuk tetap hidup, dan mampu mempertahankan pemikiran atau nilai-nilai dalam hidupnya. Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui gambaran kecerdasan spiritual pada siswa SMA korban bullying di kota Malang, (2) mengetahui kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di kota Malang, dan (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dan kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Subjek penelitian sebanyak 49 korban bullying yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan antara lain 46 aitem valid skala kecerdasan spiritual dengan reliabilitas 0.735 dan 30 aitem skala kebermaknaan hidup dengan reliabilitas 0.738. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan spiritual padasiswa SMA korban bullying di kota Malang (1) sebagian besar berada pada klasifikasi sedang. Kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di kota Malang (2) sebagian besar berada pada klasifikasi sedang. (3) terdapat hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kebermaknaan hidup pada siswa SMA korban bullying di kota Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan bagi sekolah yaitu, pihak sekolah diharapkan dapat mengurangi perilaku bullying menggunakan cinema therapy dan bibliothrerapy. Selain itu perlu ditambahkan juga program yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa untuk mengurangi perilaku bullying seperti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Bagi peneliti selanjutnya disarankan menggunakan Teknik penelitian eksperimen untuk mengurangi perilaku bullying dengan meningkatkan kecerdasan spiritual subjek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101367

Actions (login required)

View Item View Item