Pengaruh teknik drama segitiga untuk meningkatkan kemampuan empati terhadap korban bullying pada siswa SMP / Stefani Devina Arie Putri

Putri, Stefani Devina Arie (2019) Pengaruh teknik drama segitiga untuk meningkatkan kemampuan empati terhadap korban bullying pada siswa SMP / Stefani Devina Arie Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Stefani Devina Arie. 2019. Pengaruh Teknik Drama Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Terhadap Korban Bullying Pada Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Sri Weni Utami, M.Si Kata Kunci: Kemampuan Empati, Perilaku Bullying, Teknik Drama Segitiga Perilaku Bullying masih banyak terjadi dalam dunia pendidikan. Perilaku bullying terjadi dikarenakan kurangnya kemampuan empati terhadap korban. Kemampuan empati merupakan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami perasaan orang lain pada suatu keadaan tanpa harus kehilangan identitasnya. Terdapat empat aspek yang dalam empati antara lain perspective taking, empathic concern, personal distress, dan fantasy. Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan empati, seperti teknik drama segitiga. Teknik drama segitiga merupakan salah satu teknik bermain peran yang didalamnya terdiri dari 3 peranan, yaitu penganiaya, korban, dan penolong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik drama segitiga untuk meningkatkan kemampuan empati terhadap korban bullying pada siswa SMP. Pada Penelitian ini digunakan desain Quasi Experiment dengan model non randomized pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP yang memiliki kemampuan empati rendah sampai sedang, yang berjumlah 36 orang. Subjek penelitian paling banyak memiliki jenis kelamin laki-laki dan berusia 13 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kemampuan empati yang berjumlah 34 aitem dengan nilai reliabilitas 0,888. Pada penelitian ini kelompok perlakuan akan mengikuti dua kali pertemuan. setiap pertemuan terdiri dari drama sesi 1, diskusi, dan drama sesi dua. Pada penelitian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji T terhadap data gain score. Hasil hipotesis menunjukan nilai thitung 2,418 dan p = 0,021> 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh teknik drama segitiga untuk meningkatkan kemampuan empati terhadap korban bullying pada siswa SMP. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh siswa dan sekolah. Bagi siswa diharapkan mampu menerapkan hasil dari pemberian teknik drama segitiga dalam menjalin relasi dengan siswa lainnya. Bagi sekolah diharapkan hasil dari penelitian ini dapat diterapkan oleh guru bimbingan konseling dalam rangka meningkatkan kemampuan empati siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah pertemuan, melakukan kontrol terhadap variabel noneksperimen, dan mempertimbangan dengan baik proses pembagian kelompok perlakuan dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101365

Actions (login required)

View Item View Item