Hubungan antara empati dengan perilaku defending pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang / Soyania Eka Nurhanifa

Nurhanifa, Soyania Eka (2019) Hubungan antara empati dengan perilaku defending pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang / Soyania Eka Nurhanifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurhanifa, SoyaniaEka. 2019. HubunganantaraEmpatidenganPerilaku Defending pada Bystander Bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang. Skripsi, JurusanPsikologi, FakultasPendidikanPsikologi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dra. Sri WeniUtami, M.SiPsikolog. Kata Kunci:empati, perilakudefending, bystander bullying Perilaku bullying yang terjadi di sekolah menyebabkan berbagai dampak bagi korban. Dampak tersebut misalnya mogok sekolah, memutuskan untuk keluar sekolah, korban menjadi individu yang menutup diri, depresi, bahkan yang paling bahaya sampai bunuh diri atau menyebakan kematian. Siswa SMP yang menjadi bystander bullying harus memiliki empati yang tinggi untuk mampu melakukan perilaku defending guna menghentikan tindakan bullying di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara empati dengan perilaku defending pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Subjek penelitian sejumlah 83 bystander bullying, yang ditentukan melalui purposive sampling utamanya yang pernah menyaksikan kejadian bullying. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala empati dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.848 dan skala perilaku defending dengan koefisien korelasi sebesar 0.881. Perhitungan reliabilitas dengan menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat empati pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 35% (2) tingkat perilaku defending pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 37% (3) diperoleh koefisien korelasi empati dan perilaku defending sebesar 0.497 dengan signifikansi 0.000 p<0.05. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara empati dengan perilaku defending pada bystander bullying siswa SMP Kartika IV-8 Malang. Berdasarkan penelitian dapat disarankan bagi (1) peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku defending, menambahkan teori perkembangan dan sebaiknya memisahkan antara proses pencarian subjek sesuai kriteria dengan pengambilan data, (2) bystander bullying agar dapat mempertahankan perilaku defending yang sudah dilakukan dan meningkatkan kemampuan empati yang dimiliki, (3) guru dan sekolah agar mengadakan pelatihan atau memberikan program dengan tujuan untuk meningkatkan empati dan perilaku defending serta hendaknya memetakan peran-peran dalam bullying sehingga sekolah dapat segera memberikan intervensi atau mencegah kejadian bullying di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101363

Actions (login required)

View Item View Item