Hardiness sebagai prediktor kebahagiaan pada mahasiswa olahragawan di Universitas Negeri Malang / Mohamad Saiful Pradana

Pradana, Mohamad Saiful (2019) Hardiness sebagai prediktor kebahagiaan pada mahasiswa olahragawan di Universitas Negeri Malang / Mohamad Saiful Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradana, Mohamad Saiful. 2019. Hardiness sebagai Prediktor Kebahagiaan pada Mahasiswa Olahragawan di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Tutut Chusniyah, M.Si. Kata Kunci: hardiness, kebahagiaan, mahasiswa olahragawan Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat hardiness pada mahasiswa olahragawan di Universitas Negeri Malang, (2) untuk mengetahui tingkat kebahagiaan pada mahasiswa olahragawan di Universitas Negeri Malang, (3) untuk mengetahui apakah hardiness merupakan prediktor kebahagiaan pada mahasiswa olahragawan di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis prediktif menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana pada populasi mahasiswa olahragawan Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian dipilih menggunakan proporsional random sampling sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian menggunakan skala hardiness scale dengan reliabilitas 0,976 dan skala The PERMA-Profiler dengan reliabilitas 0,695. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 52% subjek memiliki hardiness tinggi dan sebanyak 52% memiliki kebahagiaan rendah. Nilai R yang diperoleh variabel hardiness terhadap variabel kebahagiaan cukup signifikan yaitu sebesar 0,583. Diketahui juga nilai R-Square sebesar 0,340 yang menunjukkan bahwa hardiness memberikan kontribusi terhadap munculnya kebahagiaan sebesar 34% dan 66% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti hipotesis H0 ditolak H1 diterima. Peneliti menyarankan kepada para mahasiswa olahragawan agar dapat menghadapi segala rintangan yang dihadapi dalam menjalankan dua kewajiban sebagai mahasiswa dan olahragawan dengan positif. Selain itu, peneliti juga menyarankan agar organisasi olahraga di Universitas Negeri Malang lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas, seperti halnya membuat prioritas kegiatan apa saja yang dikerjakan, karena semua pengurusnya merupakan mahasiswa aktif yang memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu. Saran peneliti kepada peneliti selanjutnya supaya mengembangkan penelitian mengenai Hardiness dan Kebahagiaan terhadap variabel lain seperti kesejahteraan, pernikahan, kehidupan sosial, kesehatan, agama, emosi positif, dan pendidikan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif atau model campuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101361

Actions (login required)

View Item View Item